Mohon tunggu...
Silvia NurulFauziyyah
Silvia NurulFauziyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - pribadi

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rendahnya Sarana dan Prasarana Sekolah di Pelosok Pedesaan

28 Desember 2021   11:12 Diperbarui: 28 Desember 2021   11:28 9591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dari beberapa sekolah di pedesaan masih banyak kekurangan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar. Sekolah dapat memperoleh sarana dan prasarana dari anggaran pemerintah dan sumbangan. Sarana dan prasarana sendiri sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, baik bagi guru maupun siswa sendiri. Sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kualitas belajar siswa dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Keberadaan sarana dan prasarana sangat mendukung proses belajar mengajar dengan sukses tanpa adanya kesulitan. 

Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung terealisasikan program sekolah. Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik maka membutuhkan manajemen yang baik juga. Dengan adanya perencanaan matang yang dibutuhkan oleh sekolah maka sarana dan prasarana akan terealisasikan. Barnawi (2012: 47-48), berpendapat bahwa prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan di sekolah. 

Dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana faktor pendukung terealisasikannya proses belajar mengajar dengan kualitas yang baik. Pendidik sangat membutuhkan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaaran. Pelaksanaan kurikulum sangat membutuhkan sarana dan prasarana untuk kelancaran proses pembelajaran.

Pendidikan di Indonesia dapat dikategorikan sangat minim terutama dalam hal kekurangan sarana dan prasarana terlebih lagi di daerah pedesaan, dapat dikatakan kurang diperhatikan. Seharusnya dalam proses belajar mengajar sangat membutuhkan tempat dan fasilitas yang nyaman atau layak untuk proses belajar. Jika sarana dan prasarana tidak memadahi maka akan berakibat pada rendahnya pendidikan. 

Tetapi kita kembali pada realitanya masih banyak di pedesaan yang sarana dan prasarana tidak memadahi. Dan dapat memicu mutu pendidikan di pedesaan, dan mengakibatkan timbulnya permasalahan pendidikan. Keberhasilan dari sebuah pendidikan dipengaruhi dengan kenyamanan yang diciptakan dalam ruang atau lingkungan sekitar sekolah. Jika saja sarana dan prasarana sangat diperhatikan oleh pemerintah tanpa melihat keberadaan sekolah tersebut, maka pendidikan di Indonesia akan mengalami perkembangan yang diinginkan.

Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik maka akan tercapainya tujuan pembelajaran yang berkualitas. Sekolah yang dikategorikan sebagai sarana dan prasarana yang memadai dapat dikatakan sekolah yang sesuai standar sarana dan prasarana di sekitar pendidikan formal. Sarana dan prasarana merupakan bagian terpeniting sebagai sumber daya. 

Dengan sarana dan prasarana yang memadahi dapat menudukung kinerja guru yang berkualitas. Karena, setiap guru melakukan pembelajaran yang berbeda-beda dan dibutuhkan sarana dan prasarana yang berbeda juga. Semakin lengkap saran dan prasarana di sekolah tersebut, akan semakin memudahkan guru untuk melakukan tugas sebagai pendidik. Dapat dikatakan jika sarana dan prasarana lengkap maka dalam pembelajaran akan semakin menarik dan mudah dipahami.

Kurangnya sarana dan prasarana sangat berkibat pada mutu pendidikan yang ada. Dengan begitu pemerintah harus menindak lanjuti masalah tersebut. Dari yang saya lihat memang dari sarana dan prasarna pembagiannya belum merata, terutama pada daerah pedesaan maupun terpencil. Upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah untuk meningkatkan anggaran dana pendidikan dan membantu warga yang kurang mampu untuk pembiayaan sekolah. 

Pemerintah harus memperhatikan apa yang dibutuhkan sekolah tersebut dan kerusakan apa yang terjadi. Kadang pemerintah lebih memperhatikan sekolah yang berada di perkotaan dan malah mengabaikan sekolah di pedesaan. 

Padahal yang saya lihat sekolah di perkotaan sudah memiliki fasilitas yang sangat mendukung proses pembelajaran, sedangkan di pedesaan mereka serba kekurangan saran dan prasarana. Tenaga pendidik di kota dapat dikatakan banyak peminat dan di pedesaan sangat minim tenaga pendidik. Dengan serba kekurangannya sarana dan prasarana membuat sekolah yang berada di pedesaan tidak bisa melakukan pembelajaran secara maksimal. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk pemerataan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan sekolah di pedesaan. 

Adanya hal tersebut untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di butuhkan sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar dan mengajar. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan anggaran untuk sarana dan prasarana di daerah pedesaan agar bisa menghasilkan mutu pendidikan yang diinginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun