Mohon tunggu...
Silvana AdeliaIzza
Silvana AdeliaIzza Mohon Tunggu... mahasiswa

hasil tidak akan menghianati usaha, jika memang tidak sesuai berarti '' DEKATI TUHANMU" dulu.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Membuat Karya Ilmiah yang Menarik

22 September 2019   08:51 Diperbarui: 22 September 2019   09:14 0 0 0 Mohon Tunggu...

Karya ilmiah merupakan sebuah laporan tertulis hasil dari penelitian atau pengkajian yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan masyarakat ilmiah. pembuatan karya ilmiah biasanya dimulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan masalah, dan pembahasan. Kata pengantar dan kesimpulan hanyalah sebagai pelengkap dari penulisan karya ilmiah. 

Terkadang, karya ilmiah menjadi suatu sumber penulisan yang kurang menarik. Hal ini disebabkan oleh bahasa yang digunakan penulis kurang "to the point", sehingga memberikan kesan bosan kepada para pembaca. Namun, jangan khawatir dengan itu semua, karena saya memiliki 5 langkah untuk menghasilkan karya ilmiah yang menarik. 

Untuk menciptakan karya ilmiah yang menarik, pertama-tama yang harus dilakukan adalah selalu menggunakan bahasa yang ringan atau mudah dipahami tetapi, tetap sesuai dengan bahasa ilmiah (tidak bertele-tele, langsung "to the point"). Kedua, berikan latar belakang masalah yang berhubungan dengan situasi yang saat ini terjadi. 

Ketiga, buatlah rumusan masalah yang bisa merujuk pada pembahasan lengkap tanpa bertele-tele. Keempat, berikan sumber lengkap disetiap teori yang diambil (apabila karya ilmiahnya tidak melakukan penelitian secara langsung. Kelima, berikan sebuah contoh dari setiap permasalahan yang dikaji atau dibahas. 

Penilaian karya ilmiah biasanya tidak dilihat dari isi dari karya itu saja, namun setiap aturan penulisannya juga masuk kedalam penilaian. Untuk itu, pengaturan font, size, dan spasi harus selalu diterapkan. ketika karya ilmiah sudah selesai dibuat, jangan lupa untuk selalu membaca berulang kali untuk memeriksa kekurangan-kekurangan pada penulisan. Pastikan pula karya ilmiah tersebut tidak membingungkan sang pembaca. Semangat buat karya ilmiahnya ya! sekian dan terima kasih banyak.