Mohon tunggu...
Silva Fahsya A S
Silva Fahsya A S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FEB UPN Veteran Jakarta

"life is never flat"

Selanjutnya

Tutup

Trip

Yogyakarta, Wisata Paket Lengkap di Indonesia

7 Oktober 2022   12:30 Diperbarui: 7 Oktober 2022   12:32 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tugu Yogya, Ikon Yogyakarta. Sumber : Wikipedia

Kota istimewa dengan sejuta kenangan dan keunikan ini terletak di bagian selatan pulau Jawa, berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Berawal dari suatu kerajaan yang meliputi wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman, sentuhan perkembangan zaman juga hidup berdampingan dengan kemajuan di kota ini. Keunikan di kota ini dapat kita lihat bersama melalui tradisi Jawa yang begitu melekat di kota ini dan masyarakatnya. Dengan segala keunikannya membuat semua orang tidak akan pernah melupakannya dan selalu mengingat karakteristik yang ada.

Sempat terkena dampak pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 tidak membuat kota ini tertinggal. “Saat ini Yogyakarta minus 6,7 persen ekonominya, tetapi kemarin Bank Indonesia (BI) sudah menunjukkan geliatnya dari pariwisata di Yogyakarta,” kata Singgih, dalam webinar Sosialisasi KreatIPO yang digelar Kemenparekraf, Selasa (22/9/2020). Di September 2020, wisatawan mulai kembali mengunjungi Yogyakarta untuk berwisata. Hal tersebut juga dinyatakan oleh Singgih, Kepala Dinas Pariwisata DIY dalam webinar Sosialisasi KreatIPO.

Kemajuan dari dampak pandemi tersebut terus berjalan, hingga kini Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipersiapkan sebagai tuan rumah Asean Tourism Forum (ATF) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf). "ATF ini skalanya sama besarnya karena mengundang menteri-menteri pariwisata dan juga kemungkinan perwakilan dari kementerian lainnya tingkat Asean dan negara sahabat ke Yogyakarta," kata Sandiaga Uno di Arkamaya, Sabtu (1/10/2022). Ia juga menambahkan bahwa ATF ini dipusatkan di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Jogja Expo Center (JEC).

Candi Borobudur. Sumber : blog.tiket.com
Candi Borobudur. Sumber : blog.tiket.com

Kita semua tahu alasan Candi Borobudur dijadikan salah satu pusat ATF karena keindahannya yang luar biasa. Mematok harga Rp50.000,- / orang untuk wisatawan domestik usia 10 tahun keatas. Sedangkan untuk anak-anak dengan usia 3 tahun – 10 tahun biaya masuk yang dikenakan sekitar Rp 25.000,- / orang. Sangat sesuai dengan keindahan yang ditawarkan, bukan? Candi Borobudur dibuka dari pukul 08.00 - 15.00 setiap harinya, kecuali hari Senin.

Selain keindahan budaya sejarah melalui salah satu candinya, kota ini juga memiliki keindahan dari wilayah pantainya. Yang biasa kita kenal dengan “Pantai Selatan”. Ya, kawasan pantai yang terletak di selatan kota ini memang sangat indah dan tentunya tidak sedikit.

Pantai Parangtritis. Sumber : javatravel.net
Pantai Parangtritis. Sumber : javatravel.net

Pantai Parangtritis salah satunya. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini kamu hanya cukup membayar tiket masuk Sebesar Rp 10.000,- / orang. Untuk biaya parkir, jika kendaraan beroda 2 dikenakan biaya sebesar Rp 2000,-, dan untuk kendaraan beroda 4 dikenakan biaya Rp 5000,-.

Cafe De'Slili. Sumber : IDN Times
Cafe De'Slili. Sumber : IDN Times

Tak sedikit generasi milenial yang memadukan antara keindahan pantai dengan tempat makan yang aesthetic. Salah satu Contohnya adalah Cafe De’ Slili. Operasional destinasi wisata cafe ini dibuka dari jam 12.00 – 19.00 dengan 2 sesi. Yaitu dari jam 12.00 – 15.00 dan 15.00 – 19.000 WIB dengan harga minimum spend yang berbeda. Fasilitas yang ditawarkan membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata pantai di Yogyakarta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan