Mohon tunggu...
Silva havadoh shelagita
Silva havadoh shelagita Mohon Tunggu... mahasiswa

sedang berproses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Bukan Dokter, Bukan Perawat, Terus Siapa?

26 November 2020   21:47 Diperbarui: 27 November 2020   10:58 23 1 0 Mohon Tunggu...

haloo teman-teman

berjumpa lagi dengan saya 'horeee'

Saya ingin bertanya kepada teman-teman. Tenaga kesehatan siapa saja yang kalian ketahui? Mugkin kebanyakan dari kalian  akan menjawab dokter dan perawat atau mungkin bidan. Tapi sebetulnya tenaga kesehatan itu lebih beragam dari yang kita ketahui loh. Kalian pernah dianjurkan oleh dokter untuk cek darah ataupun melakukan pemeriksaan lanjutan di laboratorium belum? Nah di laboratorium juga terdapat kakak-kakak tenaga kesehatan loh. 

Kalian waktu melakukan pemeriksaan manggil kakaknya apa? dokter? perawat? mbak atau mas? Sebenarnya saya  juga kurang tahu harus memanggil dengan sebutan apa. Yang saya ketahui dalam lab tersebut terdapat seorang ahli teknologi laboratorium medik atau ATLM. Sudah pernah dengar tentang ATLM belum?  Ada yang ingin menjadi seorang ATLM? Bagaimana cara menjadi seorang ATLM? Disini saya akan mencoba menjelaskan menegenai ATLM.

Berdasarkan Permenkes 42 Tahun 2015, ATLM adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan atau Analis medis dan memiliki kompetensi melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk menghasilkan informasi tentang kesehatan peseorangan dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan. 

Seorang ATLM membantu dokter dalam mendiagnosa pasien yang dibuktikan dengan adanya hasil pemeriksaan laboratorium. Tenaga ATLM harus cermat dalam bekerja tidak boleh ada kesalahan yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan pasien. Tenaga ATLM juga diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik terhadap pasien, dokter,ataupun tenaga kesehatn lain guna mengetahui faktor faktor yang dapat mempengaruhi hasil. 

Bagaimna caranya untuk bisa menjadi seorang ATLM? untuk dapat menjadi seorang ATLM kalian perlu untuk menempuh pendidikan formal setara dengan diploma 3 ataupun diploma 4 Analis Kesehatan. 

Di Analis kesehatan kalian dapat mempelajari mengenai cara-cara unuk menjadi tenaga kesehatan yang yang akan terjun langsung dalam sarana kesehatan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan bersal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang berpengaruh. 

Mengapa harus jurusan Analis kesehatan?  karena 

1. Dibutuhkan untuk memastikan  sebuah diagnosis dari penyakit-penyakit yang ada

2. Terampil dalam menentukan jenis penyakit, penyebab penyakit dan kondisi kesehatan pasien

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN