Mohon tunggu...
Silma Putri Maulina
Silma Putri Maulina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Hai! Aku baru akan memulai untuk menulis semoga media ini bisa mengantarku menjadi individu cendekia yang menginspirasi banyak orang. Salam, Silma

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Menabung pada Anak-anak di Lingkungan Kelurahan Rejomulyo dengan Media Dongeng!

10 Agustus 2022   15:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:26 70 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Peserta Kegiatan “Aku Pelajar, Aku Generasi Simpel, Ayo Menabung!”. Dokpri

Rejomulyo, Semarang Timur, Kota Semarang (29/7/2022) – Tren kasus Covid-19 Indonesia yang menunjukkan peningkatan secara positif mendapat apresiasi dunia. Hal itu tak terlepas dari kerja keras semua pihak dalam percepatan vaksinasi, koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam melakukan testing dan tracing, serta gotong royong masyarakat. 

Peraturan pembatasan sosial pun sudah tidak seketat dahulu. Bahkan, di sektor pendidikan, saat ini pemerintah tengah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. 

Menurut data yang dikumpulkan melalui wawancara di setiap RW pada Kelurahan Rejomulyo terdapat banyak populasi penduduk yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar.  

Berdasarkan wawancara tersebut juga dikatakan bahwa sangat memungkinkan jika anak-anak diajarkan pentingnya menabung karena pembelajaran di sekolah sangat minim dalam rangka menghargai uang dan pentingnya menghindari perilaku boros. 

Hal ini dinilai penting untuk menghindarkan anak-anak yang cenderung memiliki perilaku "premature affluence" yaitu perilaku boros jika ada dukungan sumber daya keuangan.

Pelaksanaan Kegiatan: Mendongeng “Si Olin Gemar Menabung”. Dokpri
Pelaksanaan Kegiatan: Mendongeng “Si Olin Gemar Menabung”. Dokpri
Sebagai tindak lanjut dari masalah tersebut mahasiswa KKN Undip membuat program untuk mengedukasi kepada pelajar Sekolah tingkat Dasar tentang pentingnya menabung. Penyampaian materi akan disampaikan dengan media dongeng atau cerita bergambar bertemakan menabung. Media dongeng digunakan agar materi dapat mudah dimengerti oleh peserta dan memberikan kesan menyenangkan. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum yang merupakan satu-satunya sekolah dasar yang ada di wilayah Kelurahan Rejomulyo tepatnya di RW 03. Selain itu, kegiatan juga dilaksanakan pada saat kegiatan bimbingan belajar sore untuk anak-anak di lingkungan RW 04 secara luring.

Cek Pemahaman Peserta tentang Materi yang Disampaikan. Dokpri
Cek Pemahaman Peserta tentang Materi yang Disampaikan. Dokpri

Edukasi yang bertemakan “Aku Pelajar, Aku Generasi Simpel (Simpanan Pelajar), Ayo Menabung!” ini berlangsung selama satu jam dan mendapatkan antusiasme yang baik dari para peserta. Menitikberatkan pada makna dongeng yang disampaikan, anak-anak dapat memahami inti cerita dan dapat menyampaikan kembali di depan kelas.

Mahasiswa KKN Undip membagikan Save your money Kit kepada anak-anak berupa satu buah celengan dan sticker “udah nabung belum hari ini?” pada 29 Juli 2022 lalu. Pada program kerja ini dihadiri oleh anak-anak dari kelas 1 hingga kelas 6 di Madrasah Ibtidaiyah dan lingkungan RW 04. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan