Jakarta

Pembangunan Proyek MRT di Jalan Fatmawati

10 Januari 2018   00:37 Diperbarui: 10 Januari 2018   00:40 511 0 0

Untuk mempercepat pembangunan tersebut, sebagian jalan di tutup. Berdasarkan pantauan pada Minggu, Jalan Raya. Fatmawati mengalami beberapa perubahan. Adapun perubahan tersebut salah satunya terjadi di kawasan simpang Haji Nawi.

Jalurtersebutmengalamipenyempitanmenjadiselebartiga meter.Tadinya, jalurtersebutmemilikilebarsekitarenam meter danbisadilaluiduakendaraanrodaempatsecarabersamaan.Saatini, jalurituhanyabisadilaluisatukendaraanrodaempat.Akibatnya, terjadikepadatanaruslalulintas."Waduh Mas, kalaupagisama sore di siniparahmacetnya," ujar Juki, juruparkir di sebuahtokowaralaba.Namun, penyempitanjalantersebuthanyaterjadisepanjangkuranglebih 200 meter.Setelahitu, jalantersebutkembalibisadilintasiduakendaraanrodaempatsekaligus.Selainitu, di jalurtersebutdipasangi portal.Dalam portal tersebutdiberiketeranganbahwakendaraan yang memilikitinggilebihdari 3 meter dilarangmelintas.Pengalihanarusjugadilakukan di jalursebaliknya.SaatmasukJalan Abdul Majid, sudahada portal setinggitiga meter.PerubahanjugaterjadisetelahmelewatisimpangCipete Raya dariarah Blok M.

Di jalurtersebut, kendaraandariarah Blok M ke TB Simatupangharusmengambiljalurberlawanan.Sebab, di jalur yang biasanya, sedangdilakukanpengerjaanproyek MRT.Terlihatkendaraanberat di lokasiproyektersebut.Kendaraan yang datangdariarah TB Simatupangmengarahke Blok M harusrelamembagijalurnyauntukkendaraandariarah Blok M menuju TB Simatupang.Jalurtersebutterlihatdibatasiolehpagardan cone.Akibatpenyempitanjalurtersebut, kerapterjadikemacetanpada jam sibuk.

Polisitelahmenyiapkanrekayasalalulintas di ruasjalantersebutuntukmengantisipasikemacetan.Berikutpetadanrencanarekayasaaruslalulintas:Kendaraandari Blok M keFatmawatidapatmelewatiJalanDharmawangsa Raya-JalanDharmawangsa X-JalanPangeranAntasari-JalanCipete Raya, Kendaraandari Blok M keFatmawatidapatmelewatiJalanKramatPela-Jalan Radio Dalam Raya-JalanMargaguna Raya-Jalan Metro Pondok Indah JalanSekolah Duta Raya-JalanTerogong Raya, Kendaraandari ITC FatmawatikeJalanFatmawatidapatmelaluiJalan Haji Nawi Raya-JalanMargaguna Raya-Jalan Metro Pondok Indah-JalanSekolah Duta Raya-JalanTerogong Raya, KendaraandariFatmawatike Blok M dapatmelewatiJalanCipete Raya-JalanPangeranAntasari-JalanDharmawangsa X-JalanDharmawangsa Raya, KendaraandariFatmawatike Blok M dapatmelewatiJalanTerogong Raya-JalanSekolah Duta Raya-Jalan Metro Pondok Indah-JalanMargaguna Raya-Jalan Radio Dalam Raya-Jalan Haji Nawi Raya.masalah lain yang menghambatadalahmobilisasijalanarteri TB Simatupang. Pasalnya, jalanarteritersebutmerupakanbagiandariproyekTolDesari.

Jembatanpengganti di sisiselatanjembataneksistingdapatdipergunakanpadatanggal 24 September 2017.Pada 10 OktobersampaiDesember 2017, lalulintasdariLebakBulusmenujuKampungRambutan yang semulamenggunakanjembataneksistingsisiutara, dialihkanmelalui jalanalternatifdepanAlamanda Tower, belokkananjalanjalanalternatif, belokkiri di Jalan TB SimatupanguntukmenujuKampungRambutan.Belokkanan di bawahjalanTol JORR untukmenujuLebakBulus. Jembataneksisitingsisiutara yang mengarahkeKampungRambutandibongkarkarenaterkenapekerjaangerbangtoldanjembatanpenggantidibangun di sisiutaradarijembataneksisting.