Mohon tunggu...
Sigit Priyadi
Sigit Priyadi Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Padang rumput hijau, sepi, bersih, sapi merumput, segar, windmill, tubuh basah oleh keringat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gambar-gambar Hasil Imajinasi Anak-anak

18 Agustus 2011   07:01 Diperbarui: 4 April 2017   18:25 6868
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

[caption id="attachment_126256" align="alignleft" width="300" caption="Anak-anak berkonsentrasi mewarnai."][/caption] Warna-warna yang dicoretkan oleh anak-anak terlihat menyala menghiasi gambar-gambar polos yang tersaji di hadapannya. Anak-anak yang termasuk dalam kategori PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Taman Kanak-kanak tampak mencoret-coret gambar dengan gerakan kasar penuh tenaga. Gambar ikan 'Kerapu' yang tengah berenang itu akhirnya tersisi oleh coretan warna-warna primer: Merah, Kuning, dan Biru dengan garis-garis spontan, memotong  garis bentuk 'obyek gambar', menciptakan kesan dinamis pada sosok ikan yang memberikan kesan seolah-olah sedang berenang di dasar lautan  yang paling dalam. Untuk tingkatan Sekolah Dasar kelas 1 sampai dengan kelas 3, mulai tampak kecenderungan mengolah beberapa warna menjadi sebuah 'gradasi warna' yang memberikan kesan bentuk 'massa tiga dimensi' atau 'bayangan efek cahaya'. Anak saya yang berumur 8 tahun terlihat mulai mempraktekkan pemberian warna dengan cara 'gradasi'. Meskipun semakin 'pandai', namun keberanian untuk mengisi ruang-ruang kosong dengan bentuk hasil kreasi sendiri masih belum terlihat. Mungkin alasannya karena ketentuan dalam mewarnai hanya dibolehkan untuk mengisi ruang-ruang kosong yang dibatasi garis. Bahkan Ica, anak saya, sempat mewanti-wanti saya yang mendapat tugas menyiapkan gambar-gambar untuk lomba, agar:

  1. Obyek  yang digambar, garis gambarnya tidak tidak terputus.
  2. Obyek yang digambar, garis gambarnya hanya satu garis yang jelas. Tidak berupa garis-garis yang bertumpuk.

[caption id="attachment_126258" align="alignright" width="300" caption="Ekspresi Anak."][/caption] Saya bisa memaklumi atas wanti-wanti yang disampaikan anak saya tersebut. Masalah yang dihadapi anak-anak dengan 'garis terputus' dan 'garis bertumpuk', adalah: bingung untuk memilih 'batas garis yang jelas' dan 'untuk menentuan batas area bidang yang akan diberi warna'. Untuk tingkatan anak-anak kelas 4 sampai dengan kelas 6, para peserta lomba yang sebagian besar berkelamin laki-laki, suasananya terlihat santai. Mereka lebih hati-hati dalam memberi warna. Kesan dinamis pada obyek gambar yang saya buat seperti gambar komik yang dilengkapi dengan tanda symbol 'obyek bergerak'  seakan-akan tidak bisa dipahami maksudnya. Warna-warna yang diterapkan tidak diolah dengan teknik gradasi seperti yang dilakukan oleh adik-adiknya yang kelas 1, 2, dan 3 (yang mayoritas berkelamin perempuan). Begitulah kesan yang saya peroleh dari hasil mengamati karya-karya anak-anak dalam lomba mewarnai gambar di wilayah permukiman saya, dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, hari Minggu yang lalu. Apapun hasilnya, semua karya anak-anak tersebut tidak dapat dinilai bagus atau buruk berdasarkan tampilan visual menurut penilaian juri yang terdiri dari orang-orang tua. Anak-anak memiliki imajinasi dan cara pandang tersendiri yang selayaknya harus kita hormati sepenuhnya. Biarkan mereka bebas menyalurkan 'aktivitas seninya', berikan mereka kesempatan untuk mengekspresikan keinginan dan harapannya. Orang tua wajib menyalurkan keinginan anak-anak tersebut dengan menyediakan sarana dan kesempatan waktu untuk mewujudkannya. [caption id="attachment_126261" align="aligncenter" width="440" caption="Warna ikan Kerapu dalam imajinasi  salah satu peserta TK."][/caption] [caption id="attachment_126263" align="aligncenter" width="447" caption="Pangeran Diponegara dimata anak kelas 1 s/d 3 SD."][/caption] [caption id="attachment_126268" align="aligncenter" width="455" caption="Kera putih Hanuman dalam imajinasi anak kelas 4 s/d 6 SD."][/caption] Namun diantara kebahagiaan dalam acara tersebut, saya juga melihat ketidakberuntungan beberapa anak yang tidak ikut serta dalam lomba. Anak-anak dari wilayah RT tetangga, yang tidak diperbolehkan ikut serta dalam lomba di wilayah RT tempat saya berada, terlihat hanya menonton saja. Mungkin dalam perasaannya mereka menggugat: "Kenapa saya tidak bisa ikut terlibat dalam  acara lomba ini?". "Mengapa para orang tua di wilayahku tidak ada yang berinisiatif melakukan hal seperti ini?".  Saya dapat merasakan kesedihan yang menggumpal dalam perasaan anak-anak tersebut. Janganlah karena alasan puasa, lalu keinginan anak-anak untuk mengekspresikan kegembiraannya dalam perayaan 17-an setahun sekali lantas diabaikan. 18 Agustus 2011.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun