Mohon tunggu...
Sigit DwiRiatmojo
Sigit DwiRiatmojo Mohon Tunggu... universitas muhammadiyah malang

sigit.dwiriarmojo instagram

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penyebaran Berita di Media Cetak terhadap Internet

26 April 2021   14:59 Diperbarui: 26 April 2021   15:06 164 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyebaran Berita di Media Cetak terhadap Internet
whatsapp-image-2021-04-26-at-15-35-10-60867105d541df7b1d74a082.jpeg

Media Cetak

Jadi media cetak sendiri adalah merupakan salah satu media untuk mencetak suatu berita atau informasi lainnya media cetak biasanya berkaitan dengan koran maupun majalah. Media cetak koran biasanya mencangkup suatu berita, akan tetapi tidak semua berita dalam koran akurat dan benar, kadang ada beberapa berita dalam media cetak itu belum pasti kebenarannya atau belum jelas pemberitaannya. Berbagai macam informasi yang di lampirkan dalam media cetak koran biasanya tentang lowongan pekerjaan atau kasus- kasus yang baru saja terjadi. Pada zaman dulu media percetakan atau koran sangat berperan penting bagi masyarakat, karena pada zaman dulu selain radio sebagai sumber informasi koran di anggap juga sebagai sara penting informasi bagi masyarakat zaman dulu. Orang terdahulu biasanya membaca koran di pagi hari dengan meminum secangkir kopi dan menghabis kan beberapa menit hanya untuk membaca koran dan mengetahui suatu berita terbaru.

Internet 

Internet adalah salah satu sumber informasi bagi semua orang di jaman milenial ini. Selain sumber informasi dan  sumber pengetahuan yang canggih diera sekarang, selain lebih mudah dalam  mencari informasi, internet juga bisa diakses kapan pun dan dimanah pun kita berada  asal masih bisa mengakses jaringan, biasa gangguan jaringan sering terjadi di pedesaan dan hutan hal ini membuat internet susah di akses jika kita berada di pedesaan. Akan tetapi ke unggulan internet adalah ketika kita mencari berita, biasanya sudah tertera dengan contoh kejadian dari gambar dan lainnya. Jika membaca berita atau informasi di internet kita lebih mudah membacanya karna selain layar Hp atau layar media untuk mengakses internet lebih cerah dari pada berita yang telah di cetak di koran

Tentunya untuk di jaman milenial ini orang- orang lebih memilih menggunakan internet untuk mencari informasi dan membaca berita menggunakan HP, selain lebih mudah dan tidak memakan waktu, dan mengetahui informasi bisa lebih cepat.

Sehingga bisa dibilang media percetakan kalah saing dengan internet, jaman sekarang koran sudah tidak begitu di gunakan oleh para generasi milenial, karena di anggap sudah tidak zaman dan tentunya akan mudah jika menggunakan internet saja. Akan tetapi di zaman ini generasi anak muda milenial tidak semuanya menggunakan internet dengan bijak ada yang masih salah dalam menggunakan sebuah internet. Sebetulnya dampak suatu internet memiliki dua sisi yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Internet akan berdampak positif jika para penggunanya pintar dan benar dalam menyikapi sebuah informasi yang akurat maupun yang hanya hoax hal ini demi menyikapi agar para generasi tidak mendapat tindak pidana karena salah dalam menggunakan suatu internet itu sendiri. Banyak anak muda sekarang yang terkena kasus pidana akibat membully orang dengan berita yang iya dapat dari internet tanpa mencari  tahu kebenaran berita tersebut mereka langsung mempercayai hal yang tidak akurat. Ini patut lebih di mengerti dan diambil sebagai suatu pelajaran agar lebih dewasa menyikapi suatu berita yang tersebar di internet.

 

    

   Dari hasil survei tersebut dapat dilihat bahwa pembaca koran mulai berkurang dan ditinggalkan. Penurunan sirkulasi penjualan media cetak juga didukung dengan lahirnya generasi muda yang lahir di era 90an. Penurunan jumlah pembaca ini secara langsung akan memengaruhi pada jumlah sirkulasi dan akan diikuti oleh penuruan pendapatan iklan media cetak itu sendiri. Persaingan media massa sangatlah ketat, ketika industri cetak makin mahal muncul media-media massa baru yang bisa di akses secara cepat dan murah yaitu melalu internet. Arus informasi tidak lagi dikuasai oleh mainstream surat kabar, tabloid, majalah, radio, dan televisi. Portal berita ini sudah menjadi sumber penyedia informasi yang saat ini sedang naik daun seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan tentunya dunia maya di dalamnya.

* Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN