Sigit Budi
Sigit Budi wiraswasta

Ordinary father of 3 kids, kopi "addict"

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Bangkitkan Prestasi Olah Raga Nasional di Asian Games 2018

3 Desember 2017   22:51 Diperbarui: 3 Desember 2017   22:55 1187 0 0
Bangkitkan Prestasi Olah Raga Nasional di Asian Games 2018
Asian Games 2018 adalah momentum membangkitkan prestasi olah raga nasional

Indonesia sebagai tuan rumah pesta olah raga internasional kawasan negara - negara dari benua Asia menjadi berkah tersendiri. Dari segi pergaulan bangsa - bangsa internasional, kepercayaan sebagai tuan rumah adalah sebuah kehormatan.

Sebagai salah satu negara besar di Asia, momentum Asian Games 2018 di Indonesia harus bisa dimanfaatkan secara maksimal. Baik dalam skala ekonomi, politik luar negeri juga kebangkitan prestasi olah raga nasional.

Selama satu dekade terakhir, prestasi atlit - atlit di pesta olah raga antar negara Asia  mengalami kemorosotan. Bahkan di event Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, prestasi Indonesia tidak bisa menduduki rangking satu dalam perolehan medali. 

Padahal di waktu lampau, kita pernah merajai pesta olah raga bangsa serumpun ini selama beberapa kali. Tentu kondisi ini sangat memprihatikan, sementara negara - negara yang dulu masih menjadi pencundang, seperti Vietnam, Kamboja, Laos kini menunjukkan peningkatan prestasi olah raga di kancah Asia Tenggara. 

Sebuah fakta pahit bagi bangsa  kita, padahal secara sumber daya manusia (SDM), bangsa kita mempunyai lebih banyak calon - calon atlit dikarenakan jumlah penduduk kita yang besar.

Bagaimana menyikapi kenyataan ini ? Tentu kita tidak dapat menyalahkan "stake holder" olah raga nasional begitu saja. Kemajuan prestasi olah raga nasional  adalah tanggung jawab semua warga negara Indonesia. Kita seharusnya memberikan dukungan bersama - sama dengan cara masing - masing agar cita - cita kejayaan olah raga nasional dapat terwujud.

Segenap elemen masyarakat olah raga nasional perlu juga berbenah diri dalam managerial,  hubungan antar "stake holder", pembinaan lebih sistematis dan berkelanjutan , pemanfaatan tehnologi untuk pelatihan atlit agar lebih optimal dan membangun kompetisi yang sportif. 

Tanggung jawab masyarakat adalah mendukung setiap kegiatan olah raga nasional. Dukung bersama ini bisa diwujudkan dengan menghadiri  setiap event olah raga agar semangat para atlit lebih tinggi. Bagaimana pun juga sebuah event bila disaksikan oleh banyak penonton dukungan moril dan  mental kepada sang atlit untuk tampil lebih baik. 

Dalam event Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang  kita bisa melakukan aksi  heroik, bela Indonesia dengan memenuhi setiap venue olah raga di mana atlit Indonesia bertanding. Dengan begitu atlit - atlit nasional merasa  mendapatkan dukungan  moral nyata  saat bertanding. 

Cita- cita mendapatkan mengembalikan kejayaan prestasi olah raga nasional semata - mata bukan tanggung jawab para  atlit di event ini. Perolehan medali emas lebih banyak dan merata di semua cabang olah raga harus kita perjuangkan bersama demi Indonesia yang kita cintai.