Sigit Budi
Sigit Budi wiraswasta

content writer, blogger, penggiat ekonomi digital www.bluepenmedia.net email: info@bluepenmedia.net

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup highlight

10 Barang Bawaan Wajib untuk Liburan

14 Agustus 2017   00:18 Diperbarui: 14 Agustus 2017   07:25 216 0 0
10 Barang Bawaan Wajib untuk Liburan
neverendingvoyage.com

Liburan memang selalu mengasyikan, terutama bagi mereka penikmati suasana  baru atau berjiwa petualang. Ada orang yang suka pergi liburan ramai -- ramai atau dengan keluarga, ada juga yang suka sendiri atau dengan grup kecil. Anggota grup biasanya 2 -- 4 orang, atau dengan pasangan. Paling asyik memang dengan pasangan, dari momen liburan biasanya akan lebih mengenal karakter aslinya. Asal jangan seusai liburan hubungan putus, bukan itu harapannya.

Liburan adalah kegiatan kompleks, di lokasi kita bisa menemui situasi yang tidak sesuai harapan, tapi disinilah asyiknya. Ada pepatah "Sedia Payung Sebelum Hujan", berikut peralatan pribadi wajib untuk pelancong.

1. Tas Ransel Kecil / Sling bag

Satu tas  ukuran sedang untuk membawa barang -- barang  kecil yang dibutuhan dalam perjalanan, seperti obat-obatan, mantel hujan, charger handphone, power bank, kacamata, plastik, dompet.

2. Tas Besar

Satu tas ukuran besar  untuk membawa perlengkapan penutup tubuh, seperti baju ganti, handuk, kaos, kaos kaki, sweater, pakaian dalam, sepatu, sendal.

3. Headset / Earphone

Untuk membunuh kejenuhan selama perjalanan salah satu caranya dengan mendengarkan musik dari handphone atau  perangkat musik digital lainnya. Tak ada salahnya memilih headset yang cukup berkualitas, ukurannya adalah kualitas suara tidak menyakitkan kuping dan tangguh (tidak mudah pecah). Kini tersedia headset dengan koneksi Wifi atau kabel.

4. Jaket / Sweater

Pakaian penghangat badan ini perlu dibawa untuk mengantisipasi perubahan suhu dari kita berasal di lokasi wisata, Kondisi cuaca pasti tidak akan sama dengan cuaca di mana kita tinggal, bisa lebih dingin atau panas. Jaket pelindung efektif untuk menjaga suhu tubuh terhadap cuaca.

5. Topi

Atribut pelindung kepala ini juga tak kalah penting, terutama bila kita berwisata di kawasan pantai. Sinar matahari yang menyengat membuat mata perih bila tak terlindungi, penutup kepala ini mengurangi dampak sinar matahari ke muka kita. Bila sewaktu -- waktu turun hujan, topi juga bermanfaat.

6. Kacamata Hitam

Kacamata adalah atribut tak terpisahkan dari topi bila berlibur di kawasan pantai, namun di kawasan pegunungan pun juga bermanfaat. Lapisan udara yang tipis sering membuat panas sinar matahari lebih terasa dibandingkan di dataran rendah

7. Charger USB Multiport

Apa jadinya gadget anda bila low batt semua, ada baiknya membawa port USB yang memiliki lebih dari 2 port. Bila anda membawa 2 gadget dan 1 power bank, anda bisa mengisi secara bersama di penginapan. Saat di perjalanan tidak perlu kuatir akan kehabisan bateray (low batt).

 8. Tas Plastik

Mungkin sepele benda ini, tapi bermanfaat selama di lokasi atau perjalanan, misalnya untuk menampung sampah dari minuman atau makanan bila belum menemukan tempat sampah. Untuk menyimpan baju kotor sehingga tidak tercampur dengan pakain bersih, apalagi kalau baju itu dalam kondisi basah.

9. Alas Kaki Cadangan

Soal kaki jangan dilupakan, dilokasi wisata pasti ingin jalan, biar enak biasanya memakai sandal kalau berjarak dekat. Bila cukup jauh, bisa menukar sendal dengan sepatu ringan seperti "sneaker". Dengan catatan jalanan yang akan dilalui rata dan keras, bila jalanan yang tidak rata dan variatif bisa ditukar dengan sepatu sport. Agar kaki anda lebih terlindungi dan tidak mengalami cidera.

10. Perlengkapan mandi

Satu ini jangan sampai terlewatkan, benda -- benda untuk perawatan pribadi seperti sikat gigi, pasta gigi,sabun mandi, pembersih muka, pewangi badan, silet cukur. Sebaiknya dikumpulkan dalam satu tempat agar mudah saat mencarinya dan menyimpan kembali.