Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Agar Proses Pengambilan Keputusan dalam Teamwork Bijaksana, Harus Bagaimana?

31 Mei 2024   10:52 Diperbarui: 31 Mei 2024   19:36 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar mengambil keputusan dalam dinamika kerja : Dokumen foto via Freepik.com

Bagaimana seorang leader mengambil keputusan yang bijaksana yang dapat diterima dan disetujui oleh anggotanya dalam team work?

Pengambilan keputusan oleh leader adalah bagaimana suatu proses yang menghasilkan sejumlah tindakan atau keyakinan dari beberapa kemungkinan. Tanpa proses, pengambilan keputusan mungkin sulit bagi seorang leader dan terlebih lagi bagi sebuah tim untuk mengambil suatu tindak lanjut. 

keputusan adalah hasil pemecahan masalah yang dihadapinya dengan tegas. Suatu keputusan merupakan jawaban yang pasti terhadap suatu pertanyaan. Keputusan harus dapat menjawab pertanyaan tentang apa yang dibicarakan dalam hubungannya dengan perencanaan. Keputusan dapat pula berupa tindakan terhadap pelaksanaan yang sangat menyimpang dari rencana semula

Ya, seorang leader dalam proses mengambil keputusan yang dapat diterima dan disetujui oleh para anggota team work itu enggak gampang. Kerap kali apa yang menurut leader sudah benar tapi ketika telah diputuskan justru jadi kontroversi dan tidak bijaksana atau banyak yang kontra.

Kalau sudah kontroversi begini, justru inilah yang akan menimbulkan benih-benih konflik termasuk perpecahan dalam team work, bahkan seorang leader bisa jadi akan tidak disukai oleh anggota team work akibat keputusan yang telah diputuskannya.

Sehingga team work jadi berantakan, visi misi yang diharapkan tercapai jadi gagal akibat pengambilan keputusan yang kurang bijaksana dan menimbulkan kontroversi.

Oleh karenanya, penting bagi unsur leader dalam hal pengambilan keputusan ini harus benar-benar mempertimbangkan dengan matang terkait bagaimana keputusan yang diambil agar tidak menjadi kontroversi.

Lantas bagaimana cara yang bisa diterapkan agar pengambilan keputusan dalam team work dapat bijaksana dan diterima?

Ilustrasi gambar mengambil keputusan dalam dinamika kerja : Dokumen foto via Freepik.com
Ilustrasi gambar mengambil keputusan dalam dinamika kerja : Dokumen foto via Freepik.com

1. Menghimpun Informasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun