Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Rotasi Jobdesc Itu Bukan Punishment

6 Maret 2023   08:31 Diperbarui: 6 Maret 2023   20:24 950
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar Rotasi Jobdesc Karyawan di suatu Kantor : Sumber Foto via Accountingweb.com

Rotasi jobdesc di kantor kerap kali dianggap sebagai punishment oleh sebagian karyawan

Padahal tidaklah seperti itu, rotasi jobdesc yang diterapkan oleh suatu kantor itu merupakan bagian dari sistem pengembangan dan peningkatan SDM bagi karyawan.

Sangat logis dan wajar sih bila timbul tanda tanya di dalam benak dan pikiran karyawan, kenapa juga sampai harus ada ataupun kena rotasi jobdesc.

Sehingga berprasangka bahwa dirinya kena rotasi jobdesc karena ada kesalahan tertentu atau karena penilaian kinerja yang buruk, ataupun hal-hal negatif lainnya.

Tentunya perlu dibedakan agar tentang rotasi jobdesc ini tidak disalah artikan, karena kalau berkaitan dengan buruknya kinerja karyawan misalnya, maka yang diterapkan tentu bukanlah rotasi jobdesc.

Akan tetapi yang diterapkan adalah pemberian sanksi langsung, pemberian surat peringatan, atau sampai pemberhentian/pemutusan hubungan kerja.

Sedangkan dengan adanya rotasi jobdesc ini, karyawan dapat mempelajari hal baru, ilmu baru, serta pengalaman tambahan yang akan berguna bagi perkembangan karier kedepan. 

Rotasi jobdesc ini tentunya juga akan sangat membantu HR atau manajer SDM dalam rangka mencari sosok karyawan yang cocok dan tepat dengan jenis pekerjaannya, termasuk dalam rangka menaikan setingkat lebih tinggi dari jobdesc sebelumnya.

Pada umumnya ketika keputusan rotasi jobdesc tersebut diambil oleh kantor, maka motif serta alasan rotasi tersebut sudah pasti sangat dipertimbangkan oleh kantor dan tiap kantor punya standar serta syarat tersendiri yang telah ditentukan masing-masing.

Yang jelas, kenapa rotasi jobdesc ini diterapkan oleh sutau kantor, ini karena rotasi jobdesc sangat penting dan bermanfaat untuk terciptanya keseimbangan organisasi, menganalisis kompetensi dan keterampilan, menghindari kejenuhan ataupun kebosanan dari pekerjaan yang itu-itu saja, memberikan motivasi, menambah wawasan, sebagai reward, dan sebagai langkah suksesi bagi masa depan karyawan maupun kinerja organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun