Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Terbakarnya Kantor Kemenkumham dan Bahaya Laten Instalasi Listrik Tua

8 Desember 2022   13:51 Diperbarui: 8 Desember 2022   13:58 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar kebakaran kantor Kemenkumham RI | Dokumen Foto Kemenkumham via Kompas.com

Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, mengalami kebakaran pada salah satu bagiannya, Kamis (8/12/2022).

Kebakaran yang terjadi sekira pukul 11.05 tersebut terjadi di lantai 5 di bagian Sentra Mulya Kemenkumham. Gedung yang terbakar tersebut berisi barang-barang milik negara.

Ya, begitulah kabar berita yang penulis dapatkan dari berbagai media terkait kebakaran yang terjadi di Gedung Kemenkumham RI tersebut.

Lantas, adakah kaitannya peristiwa kebakaran yang terjadi di Gedung Kemenkumham RI ini dengan telah disahkannya RKUHP menjadi KUHP baru pada tanggal 6 Desember 2022 lalu?

Penulis tidaklah berani berspekulasi untuk mencocoklogikan ataupun menyangkut pautkan antara RKUHP disahkan dan peristiwa kebakaran gedung Kemenkumham RI ini, penulis lebih kepada tidak ada hubungannya sama sekali.

Bisa jadi ini hanya pas kebetulan saja RKUHP disahkan eh siapa sangka musibah kebakaran menimpa gedung Kemenkumham RI.

Tapi tentunya, ada asap berarti ada api" atau dalam artian "tidak akan ada akibat jika tanpa sebab", sehingga kebakaran yang menimpa gedung Kemenkumham RI pasti ada pemicunya dan pasti ada sebab musababnya.

Oleh karenanya, pendalaman ataupun investigasi dalam rangka mengusut kenapa gedung Kemenkumham RI yang notabene memiliki prosedur pencegahan, proteksi dan mitigasi pengamanan yang ketat terkait berbagai fasilitas maupun SDM di dalamnya, tapi mengalami kebakaran, maka inilah yang harus dilakukan.

Apakah kebakaran tersebut atas kelalaian personalkah, atau memang murni musibah kebakarankah atau apa, dan yang jelas ini adalah menjadi PR bagi pihak terkait untuk mengungkap dan menuntaskan kenapa gedung Kemenkumham RI ini bisa terbakar.

Publik berhak tahu, apa, mengapa, dan bagaimana kok bisa gedung Kemenkumham Ri bisa terbakar, oleh karenanya transparansi hasil keseluruhan terkait kebakaran tersebut harus dibeberkan secara terbuka kepada publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun