Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Jangan Ceroboh Angkat Kandidat Jadi Atasan

22 November 2022   11:18 Diperbarui: 24 November 2022   09:41 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Atasan yang tidak kompeten dampak dari kecerobohan manajemen dalam mengangkat kandidat | Gambar Via Freepik.com

Tim leader (atasan) Anda enggak open minded dan berpikiran sempit? Bahkan semua ide briliant dari Anda dan rekan kerja Anda di blok oleh tim leader Anda?

Ya, itulah sejatinya tipikal tim leader yang enggak kompeten dan enggak memiliki kapabilitas dalam memimpin teamwork.

Pada banyak kasus, tipikal tim leader yang seperti ini akhirnya akan selalu mengedepankan perfeksionis dan idealismenya pribadi.

Mentang-mentang posisinya adalah sebagai atasan menganggap dirinya yang paling pintar dan paling benar, enggak mau kalah, enggak mau menerima saran staf dan enggan"menengok ke bawah."

Pada akhirnya tipikal tim leader yang seperti ini justru akan berdampak signifikan pada kebereksistensian teamwork, bahkan dapat mengakibatkan ketidaksolidan teamwork.

Inilah sejatinya, tim leader yang diangkat buah dari kecerobohan pihak manajemen kantor dalam mencalonkan kandidat tim leader yang akan di tempatkan sebagai tim leader.

Apa sebabnya?

Biasa jadi tim leader tersebut diangkat karena jasa "orang dalam" alias karyawan titipan, bisa jadi juga diangkat karena hitung-hitungan masa kerja atau karena tanda jasa atas pengabdiannya dan cara tidak profesional lainnya.

Padahal, menganggkat talent jadi tim leader itu harus profesional dan ada mekanismenya, serta ada hal-hal penting yang perlu jadi nilai tolok ukur ataupun acuan kelayakan terkait pantas atau tidaknya seorang kandidat tim leader diangkat jadi tim leader dalam teamwork.

Sebab, tim leader itu bertanggung jawab penuh terhadap kemaslahatan para bawahannya dan bertanggung jawab secara moral terhadap masa depan karier para bawahan yang dipimpinnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun