Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Bunga Tabungan Bank 0%, Saatnya Beralih ke Koperasi

18 September 2022   12:32 Diperbarui: 19 September 2022   19:15 1578 53 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menabung di koperasi bisa jadi alternatif ketika bunga tabungan bank 0%. Sumber: Kompas/Didie SW

Penulis punya dua rekening tabungan di Bank, tapi ya dua rekening tabungan ini setiap awal bulannya pasca penghasilan gaji dan tunjangan perbulan masuk ke rekening tabungan, maka rekening tabungan langsung tersisa dana minimal saja.

Jadi, setelah penghasilan gaji dan tunjangan bulanan masuk ke rekening tabungan, ya langsung aja penulis kuras habis, atau dalam artian di sini, dua rekening tabungan yang penulis miliki ini hanyalah sebagai sarana titipan masuknya transaksi gaji dan tunjangan perbulan belaka.

Pasalnya memang sedari awal penulis enggak ada niat investasi menabung di bank sih, sebab dari pengalaman penulis, mengendapkan dana di tabungan bukannya bertambah eh malahnya terus berkurang karena potongan tetek bengek ini dan itu.

Apalagi malahnya kekinian bunga tabungan jadi 0 persen (bunga 0 persen), jadi ya ngapain nabung di bank kalau cuman untuk rugi. Ya kan.

Nah, setelahnya dana gaji dan tunjangan perbulan tersebut penulis ambil dari rekening tabungan, baru kemudian penulis salurkan ke masing-masing pos anggaran rumah tangga dalam perbulannya.

Seperti misal, untuk kebutuhan sehari-hari sebulan, bayar angsuran KPR dan bayar angsuran kredit tanah, setelahnya sudah diposkan tersebut, sisanya ada lah sekira satu jutaan, nah dari sisanya ini lah yang penulis investasikan ke Koperasi.

Kenapa penulis lebih memilih menginvestasikan dana dan bertransaksi ke koperasi?

1. Memperoleh keuntungan Jasa Simpanan dalam pertahunnya.

Ya, ini karena Koperasi memberikan jasa bagi nasabahnya yang menabung atau menyimpan dananya di Koperasi, dan nantinya jasa tersebut akan diakumulasikan dalam penerimaan sisa hasil usaha (SHU) dalam pertahunnya dan dibayarkan setelah Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Dalam hal menginvestasikan dana melalui menabung di Koperasi yang penulis pilih ini, ternyata ada tiga jenis simpanan Koperasi yang ditentukan sesuai AD/ART Koperasi tersebut yaitu, Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, dan Simpanan Sukarela.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan