Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Abdi Negara Yang Membidangi Administrasi#

#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Servis Motor di Bengkel Resmi ataupun Pinggir Jalan, Bagaimana Baiknya?

5 September 2022   20:07 Diperbarui: 6 September 2022   11:06 492 25 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018) (KompasOtomotif/Alsadad Rudi)

Kalau bicara soal servis motor ini, memang agak susah-susah gampang sih, dan memang butuh kejelian, ketelitian, dan kehati-hatian.

Kalau motor masih baru sih sebenarnya enggak terlalu repot ya, karena biasanya kalau motor baru ini ada garansi servis sekitar 3 tahun, bahkan ada yang sampai 5 tahun.

Nah, kalau berdasar pengalaman penulis sih, selama motor kita masih baru dan masih ada garansi servisnya, ya lebih baik memanfaatkan garansi servis motor di bengkel resmi saja.

Biasanya di buku servisnya kan ada tuh schedule-nya kapan waktunya servis berkala, terus dijelaskan juga apa-apa aja yang gratis dalam setiap periode servis berkala tersebut, kan lumayan juga bisa menghemat biaya, sesuai periode servis berkalanya.

Lagian juga kalau di bengkel resmi ini kan saling rekanan juga dengan pihak dealer, terus juga izin usahanya terdaftar atau legalitasnya jelas, dan pastinya juga soal SDM teknisinya pasti sudah dipilih secara selektif oleh pihak bengkel resmi dan dididik untuk profesional, sehingga membuat kita tenang, kita juga enggak takut kena tipu.

Selain itu, meskipun pengerjaannya harus antre dan butuh waktu, tapi kan kalau bengkel resmi ini ada fasilitas ruang tunggu yang representatif dan biasanya dilengkapi juga sarana prasarana seperti wifi, cafe, sofa, dan sebagainya 

Ilustrasi gambar servis motor | Dokumen gambar via Kompas.com
Ilustrasi gambar servis motor | Dokumen gambar via Kompas.com

Kemudian soal sparepart juga biasanya ready stock, jarang banget inden, kecuali memang motor kita setelah diperiksa oleh teknisi kerusakannya ternyata cukup berat misalnya, sehingga sampai turun mesin misalnya, motor perlu dirawat inap di bengkel, dan harus inden sparepart-nya.

Biasanya juga pada kasus kerusakan berat ini, pihak bengkel resmi akan transparan terkait apa-apa saja yang perlu diganti, termasuk sebab kenapanya sampai motor kita sampai mengalami kerusakan berat.

Terus, soal sparepart sih ya memang original sih, yang artinya kalau kita ada perlu ganti sparepart ya memang agak mahal, ya namanya juga original. Tapi ya wajarlah ada rupa ada harga, apalagi juga kan motor baru memang perlu perhatian khusus kan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan