Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Inilah yang Bisa Menjerat Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka!

8 Agustus 2022   17:14 Diperbarui: 8 Agustus 2022   17:29 601 26 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar Irjen Pol Ferdy Sambo | Dokumen Gambar Via Sindonews.com


Irjen Ferdy Sambo resmi ditahan ataupun bahasa sopannya "diamankan" di Mako Brimob Polri, karena diduga melanggar Kode Etik Profesi Polri dan tidak profesional terkait kasus tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir Joshua.

Ya, kasus kematian Brigadir Joshua ini pada perkembangannya ternyata merupakan kasus tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir Joshua.

Dua tersangka tindak pidana telah ditetapkan yaitu Bharada Eliezer dan Brigadir Ricky Rizal, dan bisa jadi ke depan, tersangka kasus tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir Joshua akan ada kemungkinan bertambah.

Lantas dengan diamankannya Irjen Pol Ferdy Sambo di Mako Brimob Polri, bisakah dirinya ke depan justru akan jadi tersangka kasus tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir Joshua?

Ya, Bisa! Atau dengan kata lain ada potensi jadi tersangka!

Irjen Pol Ferdy Sambo tidak hanya melakukan pelanggaran kode etik dan ketidak profesionalan, namun bisa dikenakan juga tindak pelanggaran pidana "obstruction of justice", yaitu tindakan menghalang-halangi proses hukum.

Begitulah yang dapat penulis ringkas dari pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD, terkait kasus tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir Joshua.

Apalagi, ada pasal KUHP yang bisa disangkakan kepada Irjen Pol Ferdy Sambo yaitu pada Pasal 221 KUHP ayat (1) yang berbunyi:

(1) Dihukum penjara selama-lamanya sembilan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 4.500,- :

1e. barangsiapa dengan sengaja menyembunyikan orang yang sudah melakukan sesuatu kejahatan yang dituntut karena sesuatu perkara kejahatan, atau barangsiapa menolong orang itu melarikan dirinya dari pada penyelidikan dan pemeriksaan atau tahanan oleh pegawai kehakiman atau polisi, atau oleh orang lain, yang karena peraturan undang-undang selalu atau sementara diwajibkan menjalankan jabatan kepolisian; (K.U.H.P. 119, 124, 126, 216, 331).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan