Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Kurma Artikel Utama

Asyiknya Ramadan di Rumah Aja Sambil Belajar Menekuni Hobi Tanaman Hias

27 April 2021   20:30 Diperbarui: 28 April 2021   17:34 3687
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ramadan di rumah aja, ya menekuni hobi tanaman hias aja | Dokumen Pribadi

Wah, sepertinya saya termasuk yang terlambat ya menekuni hobi tanaman hias ini, padahal sudah jauh sebelumnya orang ramai menekuni hobi tanaman hias saya malahnya baru mulai, hohoho.

Tapi ya sudahlah enggak apa-apalah, dan enggak jadi soal, namanya juga baru mulai tertarik, yang penting ya di jalani dulu sambil belajar, iya nggak.

Ya, jujur sih, saya memang masih harus belajar banyak mengenali jenis tanaman hias dan cara bercocok tanamnya, karena saya enggak ngerti sama sekali soal tanaman hias ini. Paling-paling yang saya tahu ya hanya tanaman hias janda bolong, selebihnya blas ora ngerti, hohoho.

Saya mulai tertarik menekuni hobi tanaman hias ini ya gegaranya sih waktu bantu mama saya nanam-nanam bibit bunga dan nemenin beli bunga.

Ya, kalau mama saya sih malah yang ngerti, ini jenis bunga apa, dan yang itu jenis bunga apa, potnya yang gimana, takaran tanahnya seberapa, memupuknya harus kayak apa, dan menyiraminya seperti apa.

Dan ternyata bercocok tanam ini asyik juga eh dan ada seninya, mulai dari nyiapin potnya, masukin tanahnya, nyungkil-nyungkil, pas nanemnya, ternyata nggak kerasa juga eh saya sudah berjam-jam.

Rasa stres jadi hilang, bahkan setelahnya selesai bercocok tanam, jadi puas gimana gitu, termasuk juga jadi terasa nyaman ketika memandangi tanaman-tanaman hias tersebut, seperti ada kepuasan batin tersendiri.

Nah, dari yang hanya membantu mama saya dalam menekuni hobi tanaman hias ini, ternyata seiring itu juga saya jadi kepincut dan akhirnya saya mulai menekuni hobi tanaman hias.

Koleksi tanaman hias pribadi | Dokpri
Koleksi tanaman hias pribadi | Dokpri

Ya, namanya pemula alias baru mulai kan artinya ya baru belajar, ya kan, jadi ya wajar juga kalau saya baru tahu yang namanya tanaman hias Aglonema, Dandrebium, Three colour, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun