Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Dear Team Leader, Ini yang Perlu Dilakukan agar Anggota Baru Bisa Mandiri

4 April 2021   16:28 Diperbarui: 22 April 2021   04:03 1006 68 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Team Leader, Ini yang Perlu Dilakukan agar Anggota Baru Bisa Mandiri
Ilustrasi team leader memberikan arahan pada anak buah (Sumber: Shutterstock)

Tim divisi organisasi di suatu kantor mendapatkan anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lain atau baru dapat staf karyawan yang masih baru banget?

Lantas harus dibagaimanakan anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lain ataupun staf karyawan yang masih baru banget tersebut?

Siapakah yang seharusnya membimbingnya? Anggota teamwork-kah atau langsung oleh team leader?

Ya, sebenarnya bila ada anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lainnya ataupun staf karyawan yang masih baru banget masuk dalam suatu teamwork divisi organisasi kantor, sebelum dilepas kerja bareng anggota teamwork lainnya, maka team leader lah yang seharusnya lebih dahulu bertanggung jawab untuk membimbing ataupun mentoring.

Team leader jangan membiasakan ataupun langsung mempercayakan kepada anggota teamwork, ini karena, anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lainnya ataupun staf karyawan yang masih baru banget ini sangat butuh sosok yang dipercaya dan kredibel dalam rangka fase adaptasi dan bertumbuh-kembang.

Pada banyak kasus, kenapa akhirnya anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lainnya ataupun staf karyawan yang masih baru banget tersebut gagal dalam fase beradaptasi dan bertumbuh kembang? Ya karena team leader-nya sendiri malah malas membimbing ataupun mentoring.

Sehingga yang terjadi adalah anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lainnya ataupun staf karyawan yang masih baru banget tersebut jadi tidak mawas dan tidak efektif dapat pembelajaran soal job desc-nya.

Memang, anggota teamwork lainnya bisa dilibatkan, tapi itu nanti, setelah dibimbing ataupun dimentoring oleh team leader lebih dulu.

Nah setelah itu baru bisa anggota teamwork lainnya dilibatkan, yaitu dalam hal mengorientasi dan coaching terkait job desc dari anggota baru hasil rotasi dari tim divisi lainnya ataupun staf karyawan yang masih baru banget tersebut.

Nah, inilah sekiranya yang jadi latar belakang alasannya, kenapa team leader itu wajib membimbing setiap anggota baru ataupun anggota baru yang masih baru banget dalam divisinya sebelum dilepas dan bergabung bareng rekan kerjanya yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN