Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Dear Karyawan Baru, Ini 3 Soft Skill Adaptasi yang Perlu Dimiliki

28 Maret 2021   20:48 Diperbarui: 29 Maret 2021   12:19 1345 67 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Karyawan Baru, Ini 3 Soft Skill Adaptasi yang Perlu Dimiliki
Ilustrasi skill yang harus dimiliki pekerja (Sumber: lifehack.org)

Ya, bagi karyawan baru, apalagi bagi yang masih baru banget terjun di dunia kerja, maka kemampuan beradaptasi adalah sangat penting dan diperlukan untuk bisa eksis di suatu kantor.

Kemampuan beradaptasi karyawan baru yang dimaksud di sini adalah, bagaimana agar para karyawan baru dapat segera menyesuaikan diri untuk bisa secara fleksibel dan regeneratif, serta mau terus berproses dan bertumbuh-kembang dalam lingkungan kantor.

Dan yang jelas, kalau karyawan baru gagal dalam kemampuan beradaptasi dalam suatu lingkungan kantor ini, maka akan sangat berdampak pada kebereksistensiannya di kantor.

Sebab, secara umumnya dari banyak kasus membuktikan, akibat karena kurangnya atau pun tidak mampunya karyawan baru untuk beradaptasi ini, ternyata pada akhirnya karyawan baru harus di depak atau pun tersingkir dari kantor.

Sehingga inilah kiranya yang menjadi latar belakang alasannya, kenapa kemampuan beradaptasi dari karyawan baru ini sangatlah penting untuk dimiliki.

Nah, berkaitan dengan itu juga, berikut ini ada beberapa saran yang bisa penulis bagikan terkait skill adaptasi apa yang sekiranya perlu dimiliki oleh karyawan baru, yang di antaranya adalah:

Ilustrasi gambar via Magazinejoblike.com
Ilustrasi gambar via Magazinejoblike.com
1. Memiliki pola pikir yang fleksibel
Maksud dari pola pikir yang fleksibel ini adalah bagaimana karyawan punya pemikiran yang adaptif dalam hal berpikir kritis, berpikir kognitif, berpikir kreatif dan inovatif untuk turut andil dalam rangka menyelesaikan problem solving yang dihadapi oleh kantor.

Sehingga diharapkan ke depan, karyawan baru bisa berdaya guna dan bermanfaat untuk dapat dilibatkan pemikirannya dalam rangka menyelesaikan atau pun memecahkan masalah yang dihadapi oleh kantor.

2. Memiliki pola mental dan karakter yang berorientasi
Seperti halnya masa orientasi yang diterapkan kepada siswa baru di Sekolah atau pun mahasiswa baru di Universitas, maka bagi karyawan baru, masa orientasinya adalah masa yang penting untuk adaptif dalam hal perkenalan diri dan mengenal diri agar bisa membentuk mental dan karakternya.

Termasuk juga mampu berorientasi terkait bagaimana arah dan pandangan pikirannya terhadap bagaimana bekerja di kantor itu harus seperti apa dan harus seperti apa yang menjadi tanggung jawab pekerjaannya di kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN