Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Riben Mobil Sudah "Keriput", Segera Ganti!

10 Februari 2021   18:28 Diperbarui: 12 Februari 2021   21:24 484 51 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Riben Mobil Sudah "Keriput", Segera Ganti!
Ilustrasi gambar via otomania via kompas.com

Jangan biarkan berlama-lama bila riben mobil atau kaca film mobil Anda sudah keriput-keriput, mulai banyak menggelembung, menguning dan sudah tidak gelap lagi alias hampir bening mengusam karena usia pakai, maka segeralah ganti demi keselamatan bersama.

Sebab, bisa berbahaya kalau Anda terlalu memaksakannya dan tidak segera menggantinya, ini karena visibilitas ataupun jarak pandang Anda dalam mengemudi mobil akan terganggu, apalagi kalau Anda sedang mengemudi mobil pada malam hari dan cuaca sedang dalam kondisi hujan.

Seperti pengalaman penulis yang ingin penulis ceritakan berikut ini;

Ya, sekitar tahun 2013-an lah, penulis pasang pertama kali riben atau kaca film mobil ini, terus baru menggantinya sekitar awal februari 2021, yang artinya juga sudah sekitar 8 tahun penulis tidak pernah menggantinya.

Itu pun baru penulis ganti gegara ada sedikit accident, padahal sebenarnya sudah lama sih riben mobil kondisinya sudah kurang layak bagi jarak pandang penulis, yaitu sudah keriput-keriput dan banyak menggelembung, yang intinya sering bikin bias atau semacam fatamorgana bagi jarak pandang penulis saat mengemudi mobil.

Kondisi riben mobil penulis | Dokpri
Kondisi riben mobil penulis | Dokpri

Kondisi riben mobil penulis | Dokpri
Kondisi riben mobil penulis | Dokpri
Dalam hal ini penulis mengakui, bahwa penulis memang termasuk terlambat menggantinya, riben mobil sudah tidak layak lagi bagi visibilitas dalam mengemudi mobil tapi tetap saja nekad dipaksakan.

Memang sih, sebenarnya sudah ada niat dan kepikiran mau menggantinya, tapi yaitulah, belum ada dana cukup untuk itu, masih ketunda-tunda, karena masih banyak keperluan juga sih.

Jadi ya begitulah, nantilah bulan depan, ah nantilah bulan depanya lagi, dan ah pokoknya nantilah, akhirnya jadi kelamaan dan kejadian juga deh accident, syukur Alhamdulillah accident-nya enggak fatal.

Jadi begini, waktu itu pas lagi siang hari kejadiannya, rencananya sih penulis mau parkir agak mepet pagar tembok rumah seperti yang biasanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x