Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Hasil Swab Negatif, Isoman Usai, dan Donor Plasma Convalescent

25 Januari 2021   14:57 Diperbarui: 27 Januari 2021   20:21 700 79 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hasil Swab Negatif, Isoman Usai, dan Donor Plasma Convalescent
ilustrasi Petugas medis memeriksa kantong berisi plasma konvalesen dari pasien sembuh COVID-19 di Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, Selasa (18/8/2020). Pengambilan plasma konvalesen pasien sembuh COVID-19 yang menggunakan alat apheresis bertujuan untuk membantu penyembuhan pasien terkonfirmasi COVID-19. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI via kompas.com)

Usai sudah saya menjalani isolasi mandiri (Isoman) yang telah saya jalani selama 14 hari, ini pun telah dipertegas dengan hasil Swab PCR Real Time saya yang pada akhirnya saya dinyatakan telah negatif Covid-19, tentunya kabar ini amat melegakan saya dan istri termasuk juga keluarga.

Ya, tidak dimungkiri, saya memang merasa terkurung saat saya menjalani isolasi mandiri tersebut, namun syukurlah semua sudah berakhir dan saya pun harus bersiap kembali untuk berjibaku dengan tugas di tengah pandemi.

Saat di swab PCR kedua | Dokumen Pribadi
Saat di swab PCR kedua | Dokumen Pribadi

Hasil swab PCR | Dokumentasi Pribadi
Hasil swab PCR | Dokumentasi Pribadi
Sedikit juga saya ingin menceritakan, pasca saya dinyatakan negatif covid-19, ternyata ada permintaan izin dari pihak medis yaitu, apakah saya berkenan untuk donor plasma convalescent.

Jujur, saya memang belum terlalu paham soal donor plasma convalescent ini, saya sih memang pernah mengetahuinya dari pemberitaan tapi belum paham secara detil.

Pihak medis pun menjelaskannya kepada saya, bahwa saya termasuk penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat untuk donor plasma convalescent, hal ini dalam rangka membantu penanganan pasien positif Covid-19.

Dijelaskannya juga, bahwa jenis donor ini menggunakan plasma pasien yang sudah sembuh seperti saya, karena dari tubuh orang yang pernah kena covid-19 seperti saya, akan terbentuk antibodi terhadap virus ataupun bakteri atau dengan kata lainnya, sudah bisa mengatasi infeksi Covid-19.

Donor plasma convalescent ini nantinya akan diberikan kepada para pasien yang masih dirawat atau yang masih dalam keadaan kondisi sakit menengah hingga sakit berat menderita Covid-19 melalui transfusi darah ke tubuh pasien.

Hal ini dilakukan dalam rangka membantu mengeliminasi ataupun mengimobilisasi virus SarsCov-2, untuk donor plasma ini persyaratan donor juga harus terpenuhi seperti umumnya donor biasa, yaitu pendonor yang sehat dan produk yang donor plasmanya baik.

Secara intinya, donor plasma convalescent ini adalah termasuk ke dalam imunisasi pasif, dalam artian, antibodi sudah ada di luar dan sudah terbentuk, sedangkan yang merupakan imunisasi aktif itu adalah yang vaksinasi, yaitu memasang antibodi dalam tubuh. 

Setelah mendapat penjelasan tersebut, intinya saya setuju, namun berhubung saya belum pernah sama sekali donor darah karena saya selalu gagal memenuhi syarat donor darah, maka saya meminta untuk benar-benar di cek terkait standar kelayakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x