Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan featured

Begini Rasanya Jadi PDP Covid-19, Terdampar dalam Kesendirian di Ruang Isolasi Mandiri

16 Januari 2021   21:49 Diperbarui: 3 Juli 2021   10:50 1187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi isolasi atau karantina mandiri untuk mencegah penularan Covid-19. Secara epidemiologi menurut ahli ini tidak efektif.(SHUTTERSTOCK/Sergey Bezgodovv via kompas.com)

Sudah hampir seminggu ini, saya menjalani tahapan isolasi mandiri karena status saya sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Covid-19.

Jujur saya mengakui, memang saya merasa sangat kesepian dalam kesendirian menjalani isolasi mandiri ini, saya seperti layaknya burung dalam sangkar, rasa jemu, jenuh dan bosan sudah mulai menghinggapi diri.

Sesekali dalam kesendirian isolasi mandiri ini, saya memalingkan pandangan dibalik jendela, membayangkan betapa bebasnya di luar sana.

Tapi ternyata hal ini malah membuat saya jadi tertekan, dan masih agak merasa nggak percaya saja rasanya, saya bisa terdampar di ruang isolasi mandiri ini.

Gambar dokumentasi pribadi
Gambar dokumentasi pribadi
Apalagi saya juga selalu dimonitoring atau diawasi secara ketat oleh petugas yang berkaitan dengan surveilans Covid-19 terhadap pasien yang di isolasi mandiri.

Ya, artinya dalam hal ini, meskipun status saya adalah OTG Positif Covid-19, ternyata saya harus sadar diri, bahwa saya adalah termasuk kategori pasien suspek Covid-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Baru kali ini, saya yang biasanya beraktivitas dinamis, jadi merasa tidak bebas, karena saya merasa segala gerak-gerik saya selalu diawasi, ditambah lagi setiap hari saya juga harus melaporkan kondisi melalui rekaman video kepada pihak rumah sakit, dinas kesehatan dan kantor.

Padahal, saya juga sering sekali serlibat dalam pengawasan maupun surveilans pasien Covid-19 ini, namun akhirnya malah saya sekarang yang jadi sebaliknya, saya yang harus diawasi dan disurveilans.

Sekali pun juga dalam menjalani isolasi mandiri ini saya di fasilitasi ruang yang representatif sekelas kamar VIP Hotel, bahkan didukung juga dengan berbagai logistik yang enak-enak, namun rasanya tetap saja saya serasa seperti burung dalam sangkar.

Betapa terasa rindu berkumpul kembali bersama anak dan istri, serta keluarga lainnya, betapa saya sudah ingin segera menyudahi isolasi mandiri dalam kesendirian ini dan segera bisa beraktivitas dinamis kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun