Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Keadaan Masih "Unpredictable", Ini 2 Skill yang Krusial Dibutuhkan Dunia Kerja

30 November 2020   11:48 Diperbarui: 30 November 2020   12:10 3408 84 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keadaan Masih "Unpredictable", Ini 2 Skill yang Krusial Dibutuhkan Dunia Kerja
Ilustrasi gambar via Blog Karir.com

Perubahan situasi dan kondisi akan selalu bergerak dinamis dan konstan, begitu juga halnya perubahan global terkait terjadinya pandemi corona yang ternyata membuat segala sesuatunya jadi "unpredictable".

Dalam kaitannya dengan dunia bisnis, situasi dan kondisi yang unpredictable karena pandemi corona ini, jelas membuat pelaku bisnis yang umunya juga sebagai penyedia kerja harus memutar otak untuk setidaknya tetap bisa bertahan.

Sehingga agar selalu bisa mengantisipasi dan bertahan dalam kondisi yang masih serba unpredictable karena pandemi corona ini, maka para pelaku bisnis, akan melihat mana yang aktual dan mana yang harus diadaptasikan dalam hal bisnisnya masing-masing.

Sebab, kalau tidak hati-hati kehancuran bisnis ada di depan mata, karena memang terbukti, sudah cukup banyak pelaku usaha yang harus undur diri ataupun bertumbangan akibat mengalami kebangkrutan usaha karena gagal beradaptasi dengan situasi dan kondisi akibat pandemi corona ini.

Sementara itu juga, para pekerja turut terdampak, karena banyak yang terkena PHK berkaitan dengan cukup banyaknya pelaku usaha yang bertumbangan tersebut, termasuk juga karena terkena kebijakan efisiensi karyawan.

Sehingga karenanya juga, peluang para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan masih cukup sulit didapatkan, termasuk juga mereka yang sudah terkena PHK.

Hal ini disebabkan karena, para penyedia kerja ataupun para pelaku usaha karena masih pandemi corona yang unpredictable ini, jadi berlaku sangat selektif dalam hal rekrutmen ataupun menerima pekerja, sehingga hanya bisa menerima ataupun merekrut pekerja yang benar-benar "krusial" dibutuhkan saja.

Ya, inilah fakta nyata yang terjadi, risiko dunia bisnis dan dunia kerja yang sangat di luar dugaan dan di luar prediksi, karena terdampak pandemi corona ini.

Namun demikian, para pencari kerja maupun para mantan pekerja atau yang sudah terkena PHK jangan dulu berkecil hati, peluang masih terbuka kalau dapat melihat apa yang menjadi "celah krusialnya" terkait apa yang sedang dibutuhkan oleh dunia kerja dan dunia bisnis dalam keadaan yang masih unpredictable ini.

Lantas, apa yang jadi celah krusial tersebut?

Ya, celah krusial tersebut adalah membekali diri dengan skill atau keterampilan yang sedang aktual dibutuhkan oleh para pelaku bisnis ataupun secara umumnya para penyedia kerja saat keadaan masih di tengah pandemi corona yang unpredictable ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x