Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#ASN yang dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Awas! Enggan Menjeda, Penulis Bisa Tersesat Loh?

16 September 2020   14:05 Diperbarui: 16 September 2020   14:17 295 67 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awas! Enggan Menjeda, Penulis Bisa Tersesat Loh?
Sumber: thoughtco.com

Duh, apalagi ini yah yang mau ditulis, bahasan apalagi ini yang bisa disambung-sambungin yah, hais, bingung banget deh?

Ya, mungkin anda pernah mengalaminya, lagi asyik bikin artikel, semangat banget ketak ketiknya, terus itu, sudah dapat beberapa paragrap, eh tetiba stuck, putus ide dan gagasan, hingga putus kosakata, dan akhirnya bingung mau melanjutkan apa lagi yang harus ditulis?

Stuck ini juga kadangkala terjadi karena suatu kebiasaan, baru nulis sedikit, langsung sunting, masih ada yang kurang pas, terus sunting lagi, pas mau lanjut lagi karena kesibukan meyunting, jadi lupa deh apa tadi yang mau ditulis.

Sebaiknya sih tulis aja dulu semua yang ada di pikiran, mau salah huruf, mau kurang spasi atau kurang pas, abaikan dulu, nanti pas sudah selesai tulisannya barulah disunting sambil baca-baca lagi, siapa tau masih ada yang perlu ditambahin lagi.

Atau pernah juga mungkin begini, sudah bikin judulnya duluan, sekalinya artikel sudah jadi, eh ternyata, antara judul dan isi nggak relevan, atau sebaliknya, sudah bikin artikelnya duluan, pas giliran bikin judulnya malah bingung?

Atau mungkin yang ini nih, diawal lagi membahas topik A, lah tetiba seiringnya jadi mutar muter akhirnya tersesat, pas sampai ending, tulisannya malah jadi B? Nah loh?

Pernah yak? Wah, sama dong kalo begitu, penulis sendiri juga seringkali loh begitu,,, tiba-tiba stuck, tersesat dan kebingungan pas lagi bikin artikel, wkwkwk,,,

Dan itu wajar aja kok, apalagi penulis yang seringkali bikin artikelnya kategori serabutan, asal ada ide dan gagasan langsung bikin tulisan.

Nah, di sinilah sebenarnya, pentingnya menyisihkan waktu barang sejenak, tutup dan simpan dulu artikel yang lagi ditulis, lalu ambil waktu menjeda pikiran sejenak.

Jangan dipaksakan, sebab akan semakin bikin pikiran makin mampet, bahkan tulisan akan jadi semakin amburadul dan berantakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x