Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#ASN yang dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

5 Tips yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Menjadi Moderator

4 Juli 2020   16:52 Diperbarui: 4 Juli 2020   19:38 6791 103 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Menjadi Moderator
Ilustrasi mdoerator (Foto : Copyright Thinkstockphotos.com)

Pandemi Corona membuat segala sesuatunya masih unpredictable, sehingga agar tetap bisa produktif, maka tatanan hidup normal baru atau era new normal memang harus realistis di jalani.

Transisi menuju era new normal pun sudah berjalan, begitu pula berbagai aktivitas yang juga sudah mulai turut bertransisi untuk beradaptasi di tengah pandemi.

Ya, memang inilah yang paling realistis untuk tetap bisa produktif meski masih di tengah pandemi ancaman virus korona, dan yang jelas agar bagaimana bisa menjalani era new normal ini adalah tetap selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Era new normal juga menuntut bertransisi dan beradaptasinya dunia usaha agar tetap bisa menjalankan bisnisnya masing-masing, termasuk juga dunia kerja dengan berbagai macam profesi di dalamnya.

Sehingga dalam hal ini juga berbagai gelaran virtual event dan webinar jadi semakin tren, dan juga menjadi salah satu solusi dunia bisnis di tengah pandemi.

Seiring itu juga berbagai profesi yang terlibat dalam gelaran virtual event dan webinar ini menjadi turut terdongkrak dan terangkat pamornya, karena bisa jadi alternatif dalam dunia kerja dan profesi, termasuk juga di dalamnya profesi moderator yang sudah mulai mendapat tempat tersendiri.

Moderator yang biasanya hanya ada pada seminar, sarasehan dan sejenisnya yang di gelar secara bertatap muka langsung, sudah mulai bertransisi dan beradaptasi merambah virtual event dan webinar.

Nah, oleh karenanya berkaitan dengan mulai jadi trendingnya profesi moderator ini, maka penulis ingin berbagi pengalaman dan tips untuk para pemula, para newbie, ataupun siapa saja yang mungkin baru ingin terjun mendalami profesi moderator ini.

Lalu apa saja sih tips tersebut?

Ya, perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa moderator memang agak sedikit berbeda dengan profesi MC, presenter podcast, ancour dan sejenisnya, tapi secara peformanya kurang lebihnya adalah sama, hanya saja perlu catatan khusus tersendiri untuk mendalami kemampuan moderator.

Ini karena moderator merupakan pemandu, pengarah, dan pengontrol khidmatnya dan lancarnya serta suksesnya suatu acara, moderator harus bisa independen, kredibel, serta harus bisa memanajerial waktu sesuai rundown acara sampai selesai.

Jadi, agar bisa memiliki kemampuan dan memenuhi standar menjadi moderator tersebut, maka ada beberapa hal penting yang perlu jadi catatan di antaranya adalah: 

1. Moderator harus memiliki kemampuan Assertiveness
Ya, sebagai yang berperan dalam hal mengendalikan dan mengarahkan jalannya suatu acara maka moderator harus memiliki asssertiveness atau memiliki ketegasan dalam bersikap, begitu pula dalam hal bertutur kata haruslah tepat dan mengena sesuai tema acaranya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN