Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#ASN yang dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Aki dan Kopling Mobil Bermasalah Jangan Disepelekan, Ini yang Saya Alami!

29 Mei 2020   12:52 Diperbarui: 31 Mei 2020   07:30 1028 44 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aki dan Kopling Mobil Bermasalah Jangan Disepelekan, Ini yang Saya Alami!
Mobil Mumun biru penulis saat di ganti aki oleh tukang bengkel | Dokumen Pribadi


Wadidaw, kalau membahas soal perawatan kendaraan ini, saya punya pengalaman yang tidak menyenangkan, apalagi kalau mengingat dan ngomongin soal aki dan kopling.

Sebelumnya sedikit ingin saya uraikan, Alhamdulillah selain menggunakan sepeda motor saya juga menggunakan mobil untuk aktivitas keseharian saya.

Sepeda motor saya gunakan untuk aktivitas yang dekat-dekat rumah saja, sedangkan mobil saya gunakan untuk aktivitas utama, seperti ke kantor dan perjalanan jauh lainnya.

Nah, pengalaman tidak menyenangkan itu waktu pakai mobil, saya sempat menganggap sepele masalah aki dan kopling mobil saya ini, yang akhirnya sampai bikin saya repot dan bahkan dongkol banget rasanya.

Sekaligus saya jadi sangat menyesal karena menyepelekannya, pasalnya ketika sedang dijalan bahkan jalan pas lagi ramai, aki mobil akhirnya benar-benar mati dan koplingnya sampai putus.

Nah, saya coba ulas dulu soal aki mobil, sebenarnya soal aki mobil saya ini sudah mulai ada gelagat kalo aki nya mulai terasa ngadat.

Ketika stater mobil, suara mesinnya menyala agak berat dan lampu indikator pada spedometernya agak redup, sebenarnya saya sudah agak curiga, kenapa kok mobil distater jadi berat begini yah, karena pikir saya mobil masih bisa hidup, akhirnya tetap saya paksakan jalan.

Jujur saya awam soal ini, sehingga hal ini juga saya biarkan saja dan sampai berlangsung beberapa hari, tidak ada pikiran sama sekali kalo aki mobil mulai bermasalah.

Sampai akhirnya suatu ketika pas ditanjakan karena saya gagal setengah kopling (kopling ini juga bermasalah karena mulai aus) akhirnya membuat mesin mobil mati.

Mobil yang biasanya kalau distater bisa hidup lagi, ternyata tidak bisa lagi, pas saya stater hanya ada, kretek kretek, wahduh pasti modar ini akinya, rem tangan saya tarik, mobil jadi berhenti ditengah tanjakan.

Otomatis saya langsung diteror klakson berbagai macam kendaraan dibelakang saya, soalnya pas lagi ditanjakan, sayapun keluar mobil dan mengutarakan permasalahan saya.

Saya juga meminta tolong dibantu agar mobil dipinggirkan dan diputar balik arahnya, pikir saya kalau mobil pas turunan sambil nyalakan mesin lalu kopling sambil dilepas kayaknya masih bisa nyala.

Ternyata meminggirkan mobil yang mogok ditanjakan bikin repot, saya jadi tidak enak hati rasanya ketika melihat orang-orang yang membantu meminggirkan dan memutar balikan arah mobil sampai ngos-ngosan gegaranya.

Akhirnya, sesuai pemikiran diatas, mesin mobil bisa nyala, saya pun akhirnya sampai juga di rumah meski penuh rasa was-was saat perjalanan takutnya mesin mobil mati lagi.

Dan benar saja sesampainya di rumah memang saat mesin mobil dimatikan, aki memang sudah parah, mati total, cuman bunyi kecek-kecek saat mobil distater dan memang harus diganti.

Besoknya tukang bengkel yang sudah saya telpon mengganti aki mobil saya, yah lumayan juga sih harga aki keringnya sekitar 900 ribu-an plus segala ongkosnya.

Sekaligus juga saat itu saya bertanya pada tukang bengkel tersebut bagaimana tipsnya agar aki bisa awet, seperti yang dikatakannya yaitu,

Aki jangan dibiarkan mangkrak lebih dari 3 hari tanpa sedikitpun mobil beraktivitas.

Kondisi ini dapat membuat aki mengalami gangguan suplai kelistrikan, apalagi kalau mobil jarang sekali dipakai aki mobil justru jadi lebih cepat rusak.

Mobil yang jarang dipakai dan hanya dipanaskan saja, tidak akan cukup mensuplai listrik untuk mengisi ulang aki tersebut, dan ini menyebabkan battery cepat tekor dan drop.

Jadi katanya, jangan di diamkan lebih dari 3 hari tanpa aktivitas, mobil harus ada aktivitas minimal aktivitas jalan lebih dari 20 KM agar aki bisa mengisi suplai kelistrikan.

Audio, AC dan lampu kabin harus dalam kondisi OFF saat mobil mati.

Audio atau tape mobil, AC  mobil dan lampu kabin mobil yang masih dalam kondisi ON saat kendaraan mati juga merupakan salah satu penyebab aki mobil cepat rusak.

Karena aki akan terkuras digunakan untuk suplai listrik saat mobil dalan keadaan mati, dan aki jadi perlu waktu yang cukup juga untuk merespon dan men-charge suplai listrik aki tersebut saat mobil hidup.

Sehingga saat sebelum mesin mobil dimatikan untuk ditinggal dalam waktu yang lama, maka harus mematikan dulu Audio, Ac mobil dan lampu kabin, baru mesin mobil dimatikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN