Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Jadikan pekerjaan itu seni&hobi.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Amien Rais Menyoal Oposisi

3 Agustus 2019   22:36 Diperbarui: 3 Agustus 2019   22:52 0 5 0 Mohon Tunggu...
Amien Rais Menyoal Oposisi
Politikus Amien Rais | Dokumen gambar Brilio.net

Amien Rais memberi penekanan pentingnya oposisi dalam kancah politik. Pesannya tentang adanya pihak posisi oposisi partai lebih terhormat dan martabat boleh diakui itu benar.

Pernyataan Amien Rais yang kenyang pengalaman dalam dunia politik dalam menyoal tentang pihak oposisi tentunya diungkapkan dengan berbagai dasar dan landasan yang sahih.

Disatu sisi meskipun sosok Amien Rais yang sangat vokal dalam memberikan statemennya seringkali menjadi kontroversi dan berdampak politis bahkan sebagian publik menganggapnya tokoh antagonis politik dan seringkali kritik yang sangat pedas datang mengalir padanya.

Namun tetap saja beliau begitu adanya, memang patut diakui, beliau adalah seorang oposisi sejati yang tetap konsisten dengan sikap dan pandangan politiknya. Sangat jarang sekali ada sosok sejati seperti beliau ini dimainkan dan diperankan oleh banyak orang.

Dasar pemikiran beliau bila dalam sistem pemerintahan tidak ada pihak oposisi bukan tanpa alasan, oposisi dinilai sangat perlu, karena  pihak pemenang Pemilu pasti akan banyak mengisi struktur organisasi dalam pemerintah.

Tentunya program dan kebijakan yang dijalankan akan banyak didominasi dengan visi misi yang dibawa oleh pihak pihak partai pemenang pengusung pemerintahan Jokowi-Maruf. Apalagi pihak partai tersebut juga banyak berhasil memenangkan Pileg.

Terkait hal ini, apabila tidak ada pihak oposisi, sebenarnya menjadi cukup riskan, saat pemerintah tersebut diatas menggulirkan program dan kebijakan, tentu saja akan bergulir begitu saja tanpa ada kontrol dan pertimbangan.

Ini karena DPR dan MPR yang seharusnya menjadi lembaga yang berkompeten untuk menyaring, menyeleksi, menggodok ataupun mengkaji program dan kebijakan telah berpihak pada pemerintah seluruhnya, karena didalamnya banyak diisi kader partai pemenang Pemilu pengusung Jokowi-Maruf, ditambah lagi dengan gabungan partai lain yang kalah Pemilu namun tidak menjadi oposisi malah ikut minta jatah menteri atau posisi pimpinan.

Bukan berarti juga dengan adanya oposisi akan selalu terjadi pertentangan dan konflik, namun merupakan suatu kewajaran bila dalam menjalankan roda pemerintahan akan ada saran, kritik dan kontrol.

Melalui pesannya, Amien Rais menjelaskan, sikap oposisi terhadap pemerintahan bukan sikap cela, namun sebaliknya, sikap itu menjadi lebih bermartabat dan terhormat.

Dari pesannya ini tidak ada yang salah mengenai pesannya, beliau hanya menyampaikan serta memberikan masukan dan timbang saran oposisi itu bukanlah hal yang tabu dilakukan tapi perlu dan harus dilakukan.

Memang benar adanya koalisi partai yang dahulu mengusung paslon Prabowo-Sandi seharusnya tetap konsisten, saat harus kalah semestinya secara bijak harus bersikap oposisi, bukannya malah ikut berbaur berebut cari perhatian minta jatah kursi pimpinan dan menteri.

Kalau sebagian besar partai sudah ikut pemerintahan Jokowi-Maruf, lalu siapa yang menjadi oposisi, lalu siapa yang bertanggung jawab pada kondisi Pemilu Kepala Daerah, lalu siapa yang mengkritik dan mengontrol pemerintah.

Perlu diingat dinegara manapun dibelahan dunia ini, didalam pemerintahan tetap saja ada pihak oposisi diluar pemerintah. Apa jadinya kalau di Indonesia ini tidak ada pihak oposisi.

Kalau di seluruh dunia masih ada pihak yang menjadi oposisi, maka dapat dipastikan menjadi pihak oposisi itu bukanlah abal abal, tapi sangat penting sekali.

Terlepas dari siapa dan tentang Amien Rais dengan segala kontroversinya, tentunya secara rasional dan logis menjadi pihak oposisi perlu dipertimbangkan dan harus ada.

Hanya berbagi.

Sigit.

VIDEO PILIHAN