Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Semakin Langkanya Adab Keluhuran dan Ujaran yang Beretika

3 Juni 2019   23:49 Diperbarui: 4 Juni 2019   00:03 97 6 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sungguh sangat memprihatinkan dengan laju perkembangan zaman yang semakin melesat begitu cepatnya, membuat suatu kelangkaan adab keluhuran bangsa dan eloknya ujaran yang beretika.

Adab yang etis berkata-kata dan berujar semakin jauh dari adab kesopanan dan kesantunan, adab etika menempatkan diri dalam berujar dan berkata kata semakin mengiringi sikap dan tabiat ataupun perilaku yang semakin mengarah ke degaradasi moral bangsa ini.

Semakin ironi dan mirisnya melihat semakin langkanya adab keluhuran yang merupakan budaya bangsa ini, yang terkenal ramah tamah, sopan dan santun, betapa sangat menyedihkan sekali bangsa ini harus menjadi pelaku ujaran ujaran dan perilaku yang tak beretika.

Fakta fakta riil di dunia nyata semakin menegaskan langkanya adab kesopanan dan kesantunan itu, kita bisa lihat bagimana ujaran ujaran kebencian semakin masif terujar dan tersebar nyata di Medsos dan perilaku sehari hari, lihat saja lagi, banyaknya program acara di TV yang melegalkan dan menyiarkan ujaran ujaran yang bersifat membully dan bahkan memaki.

Apalagi ditambah ujaran yang tak etis dan bertika moral mulai merambah dan mengkontaminasi menjadi virus yang meracuni berbagai sosok dan figur negarawan dan orang orang hebat lainnya bangsa ini. Kemana hilangnya sebenarnya adab luhur kesopanan dan kesantunan yang dulu begitu mengakar dan terpatri pada bangsa ini. Kemana sebenarnya itu semua?

Wahai saudara saudara sebangsa dan setanah air, marilah bersama sama kita kembalikan lagi keluhuran budaya bangsa ini kembali kepada hati dan nurani serta moral sejati di Negeri kita ini, Rumah Kita bersama, Negara Kesatuan Republik Indonesia Yang Kita Cintai bersama ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan