Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi.SE
Sigit Eka Pribadi.SE Mohon Tunggu... Administrasi

Menulis dan menulislah

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Di Balik Kemenangan Jokowi-Ma'ruf?

25 Mei 2019   21:59 Diperbarui: 25 Mei 2019   22:01 0 1 0 Mohon Tunggu...
Di Balik Kemenangan Jokowi-Ma'ruf?
Jokowi Ma'ruf | Pkpberdikari.id


Dibalik kemenangan Pemilu Pilpres yang menyatakan petahana Pak Jokowi dan Wapresnya Pak Kyai Ma'ruf sebagai kampiun, ada hal yang mesti selalu diingat dan tetap mempertimbangkan fakta, bahwa 45 % atau sekitar 68 juta warganegara Indonesia ada yang tidak pro padanya.

Melegowokan hati 45 % warganegara yang tidak pro Jokowi  bukanlah perkara mudah, pertentangan atau kritikan dalam pemerintahannya nanti baik dari susunan kabinet, program kerja dan sistem kepemerintahan serta kebijakannya bisa saja timbul seiring periode berjalan.

Oleh sebab itu, periode 5 tahun kedepan Pak Jokowi dan Pak Kyai Ma'ruf mesti memikirkan matang, bagaimana program kerja dan kebijakannya dapat diterima seluruh warganegara ini, karena sedikit saja kebijakan itu salah langkah, maka bisa saja dapat mengakibatkan masalah yang serius.

Dalam menjalankan sistem pemerintahan, dunia bahkan membuktikan bahwa ada periode kepemimpinan Presiden yang tidak genap hingga masa akhir periode. Sehingga ditengah jalan Presiden harus meletakkan jabatannya karena gagal dalam menjalankan amanah rakyat.

Jadi, ini menjadi catatan penting bahwa perolehan kemenangan dengan 55 % banding 45 % atau 10 % kemenangan belum tentu bisa menggenapkan periode kepemimpinan Presiden.

Semoga saja periode kepemimpinan Pak Jokowi selalu damai sentausa, semoga Pak Jokowi selalu menghadirkan inovasi-inovasi mutakhir yang menyejukan dan dapat mensejahterakan serta memajukan bangsa Indonesia yang kita cintai bersama ini.

Sigit.