Mohon tunggu...
Sigit Sepriandi
Sigit Sepriandi Mohon Tunggu...

Masih dalam proses belajar. Berasal dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tanjungpinang Bukan Pangkal Pinang!

7 Agustus 2018   11:03 Diperbarui: 7 Agustus 2018   11:22 3515 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanjungpinang Bukan Pangkal Pinang!
img-2299-jpg-5b6915e3bde5757b603344f6.jpg

Mungkin sebagian besar pembaca Kompasiana masih ada yang bertanya, apa itu Tanjungpinang, di mana itu Tanjungpinang, dan respon-respon lainnya yang penuh tanya ketidaktahuan. Ya, lebih kurang begitulah reaksi orang-orang ketika mendengar kata Tanjungpinang. Sebuah Ibu Kota Provinsi yang tidak banyak orang tahu, jangankan orang-orang yang berasal dari daerah luar Pulau Sumatera, mereka yang berasal dari Pulau Sumatera pun ada juga yang tidak tahu dengan Kota Tanjungpinang. Sedih.

Ya, Tanjungpinang adalah sebuah kota. Ibu Kota di Provinsi Kepulauan Riau, ingat, Kepulauan Riau ya, bukan Riau. Itu berbeda lho. Provinsi Kepulauan Riau merupakan Provinsi ke 32 yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari Provinsi Riau. Provinsi yang 95% luas wilayahnya merupakan lautan ini disahkan pada 24 September 2002. Adapun saat ini Provinsi Kepulauan Riau atau yang sering disingkat menjadi Kepri terdiri atas 2 Kota dan 5 Kabupaten, diantara Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Anambas.

Lho, kok ada Kota Batam? Nah, baru tahu kan, kalau Kota Batam merupakan bagian dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Lantas kenapa banyak orang lebih mengenal dan mengetahui Kota Batam dibandingkan Kota Tanjungpinang?

Padahal Ibu Kota Provinsinya kan di Kota Tanjungpinang, pusat pemerintahan provinsi pun di Kota Tanjungpinang, tapi mengapa masih banyak yang keliru dan bahkan tidak mengetahui Kota Tanjungpinang?

Ah, sebagai mahasiswa asal Kota Tanjungpinang yang sedang menempuh pendidikan di Kota Jogja, saya sering sekali merasa bingung, kesal dan jengkel terhadap respon teman-teman saat saya katakan bahwa saya berasal dari Kota Tanjungpinang. Ya, mungkin hampir sebagian dari mahasiswa asal Kota Tanjungpinang pernah merasakan hal serupa.

Saat teman-teman kuliah bertanya tentang asal saya dari mana, dengan bangga dan pede-nya saya jawab dari Kota Tanjungpinang. Namun sesaat kemudian rasa bangga dan pede saya berubah mendengar respon dari teman-teman.

Sebagian ada yang merespon dengan celetuk sok tahunya "oh, Pangkal Pinang ya."

What? Pangkal Pinang? Beda woi, beda!! Dari penggalan katanya saja sudah berbeda, apalagi posisinya. Coba deh teman-teman lihat map, posisi Tanjungpinang dimana dan posisi Pangkal Pinang dimana, itu cukup jauh loh.

Pangkal Pinang itu di Kepulauan Bangka Belitung, sementara Tanjungpinang di Kepulauan Riau. Jauh kan? Lantas mengapa masih ada orang-orang yang menyamakan Tanjungpinang dengan celetukan Pangkal Pinang? Heran saya!

Selain itu, ada juga yang merespon dengan sebuah pertanyaan balik, "Tanjungpinang itu dimana ya?" Nah, kalau respon seperti ini masih wajar dan makin membuat saya bangga untuk menjelaskan bahwa Kota Tanjungpinang merupakan Ibu Kota dari Provinsi Kepulauan Riau. Namun tidak hanya berhenti sampai disitu, celetukan teman saya yang kemudian membuat rasa bangga itu kembali memudar, "oh, Riau ya?"

What? Riau dan Kepulauan Riau itu berbeda ya, teman-teman. Memang kami serumpun, namun bukan berarti di wilayah territorial yang sama. Jelas-jelas Riau Ibu Kotanya Pekanbaru, lah kok bisa pula disamakan dengan Tanjungpinang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Hadeuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x