Mohon tunggu...
Sigid PN
Sigid PN Mohon Tunggu... Guru - Guru PPKn

Founder Komunitas Guru Pelita Dunia dan Pegiat Literasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Refleksi Diri untuk Wujudkan Merdeka Belajar

25 November 2022   13:49 Diperbarui: 25 November 2022   14:39 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sehebat apapun prestasi seorang guru di luar kegiatan belajar mengajar di kelas, sebanyak apapun karya-karya yang telah dihasilkan, dan sesibuk apapun aktivitasnya baik di organisasi maupun komunitas-komunitas guru serta kegiatan-kegiatan lainnya, ada satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh guru yaitu peserta didik, karena tugas utama seorang guru adalah mendidik dan menciptakan suasana serta proses pembelajaran yang seefektif mungkin, dapat dipahami peserta didik dan bermakna. 

Oleh karena itu, guru dituntut agar kreatif serta selalu berinovasi dalam merancang strategi pembelajaran dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat berbasis teknologi.

Semua dapat dilakukan dengan kemauan untuk terus menjadi pembelajar sepanjang hayat supaya guru tetap memiliki kompetensi yang kekinian, terlebih lagi perkembangan jaman yang semakin pesat dan guru harus sigap dengan keadaan tersebut. 

Dengan mengikuti berbagai macam kepelatihan yang tersedia dalam SIM-PKB, Platform Merdeka Mengajar, Organisasi Profesi Guru maupun Komunitas Penggerak, guru dapat meningkatkan kemampuannya baik yang bersifat hard skill maupun soft skill.

Terlebih lagi ketika guru telah mengikuti Diklat PPG, ibarat sedang digodog dalam kawah Candradimuka, guru benar-benar mendapatkan ilmu serta pengalaman luar biasa yang nantinya dapat diaplikasikan di kelas ketika kegiatan belajar-mengajar.

Sebelumnya sekitar tahun 2019 hingga tahun 2021, saya sering mengirimkan tulisan-tulisan di media surat kabar lokal maupun nasional, baik cetak ataupun online yang isinya kebanyakan mengkritisi kebijakan pemerintah terkait, termasuk menyampaikan secara langsung ketika berkesempatan melaksanakan RDPU dengan Komisi II DPR RI, Komisi X DPR RI, Komite III Bidang Pendidikan DPD RI, audiensi dengan pihak Kemendikbud Ristek dan saat beraudiensi secara langsung dengan Ka. Staf Kepresidenan RI Jend. (Purn) H. Moeldoko bersama para Deputi di Istana Negara.

Pada akhir tahun 2021, saya kembali fokus untuk menjadi guru pembelajar, aktif mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek, Dinas Pendidikan dan PGRI, termasuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh komunitas penggerak. Dari menulis di media surat kabar, saya beralih menulis bersama teman-teman dalam buku antologi yang saya kuratori sendiri serta menulis buku solo.

Membicarakan kejadian hari ini merupakan hal yang biasa, sedangkan membicarakan ide ataupun gagasan adalah hal yang sangat luar biasa. Guru hebat adalah guru yang tetap menjadi pembelajar sepanjang hayat, dan guru bijak adalah guru yang dapat menjadi suritauladan dimanapun dia berada, marilah menjadi guru hebat yang bijak. Refleksi diri perlu dilakukan dan perubahan mindset harus tetap diupayakan demi mewujudkan merdeka belajar. Selamat HUT PGRI ke-77, salam guru Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun