Mohon tunggu...
Indra Zulkarnain
Indra Zulkarnain Mohon Tunggu... http://securxcess.com

Edukasi security sangat penting

Selanjutnya

Tutup

Digital

Aplikasi Android Login Hanya Menggunakan SMS, Apakah Aman?

27 April 2020   05:20 Diperbarui: 28 April 2020   06:02 7 0 0 Mohon Tunggu...

Apakah metode login yang hanya mengandalkan SMS aman ?

Aplikasi online driver adalah salah satu aplikasi yang memakai metode ini. Metode ini juga banyak diminati oleh aplikasi lain karena dianggap mudah dan userfriendly. Developer juga beranggapan bahwa metode ini aman, karena pastilah user yang login adalah orang yang terverifikasi karena telah terlebih dahulu login pada HP mereka. Apabila HP berpindah tangan maka penyerang harus terlebih dahulu menebak password HP dari user. Barulah penyerang dapat memanfaatkan aplikasi yang ada didalam HP tersebut.

Sebenarnya latar belakang login dengan no HP ini dimulai dari kemudahan melakukan registrasi. Selain itu pemerintah juga telah mewajibkan registrasi simcard dengan mencantumkan NIK dan KK. Operator juga terhubung dengan database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), sehingga identitas pemilik HP akan terkait langsung dengan data kependudukannya. Hal ini tentu membuat registrasi dengan no HP makin banyak diminati.

Akan tetapi kemudahan proses registrasi harusnya dibedakan dengan proses login, dimana metode login hanya dengan menggunakan SMS masih dianggap memiliki resiko keamanan. Apabila user menginstall aplikasi lain yang memiliki kemampuan untuk membaca inbox SMS. Tentu saja hal ini akan menyebabkan account user dapat diambil alih.

Ada baiknya bagi developer aplikasi untuk menambahkan authentikasi kedua selain menggunakan SMS. Hal ini penting untuk mencegah tipe serangan diatas.

Terimakasih telah membaca artikel ini, artikel ini juga dipublish di securxcess.com

VIDEO PILIHAN