Mohon tunggu...
Indra Zulkarnain
Indra Zulkarnain Mohon Tunggu... http://securxcess.com

Edukasi security sangat penting

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Work From Home untuk Non-IT

22 April 2020   10:00 Diperbarui: 22 April 2020   10:11 55 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Work From Home untuk Non-IT
pexels.com

Musibah yang sedang melanda dunia saat ini, ber-impact juga ke Indonesia. Indonesia sebagai negara yang sedang dalam masa mengejar ketertinggalan nya, kini harus sedikit melambat karena pandemi covid-19 ini.

Karena sifat dari virus covid-19 ini yang mudah menular, maka untuk mengantisipasi nya pemerintah menyerukan program "social distancing". Hal ini memicu kebijakan baru yaitu Work From Home.

Bagi perusahaan IT mungkin perubahan kebijakan ini tidak terlalu signifikan. Akan tetapi untuk yg Non-IT kebijakan ini sangat asing. Ini lah yang sebenarnya harus sangat diperhatikan, karena sesuatu yabg asing bisa memicu ketentanan yang lebih signifikan dari biasanya.

Perubahan dari onsite ke WFH tentu saja mengalami perubahan drastis. Apabila internet lemot, tidak bisa print, atau ada virus yang mencurigakan, "User" bisa langsung mengangkat telpon nya dan menghubungi pihak IT.

WFH arti nya "User" harus mandiri dan harus diedukasi secara extra. Bisa dibilang selama WFH berlangsung maka "User yang tidak ter-edukasi dengan benar akan sangat rentan terhadap serangan.

Baik yang bersifat "phising" atau "social engineering" karena kebanyak dari mereka biasa bertatap muka. Dan sekarang harus berhadapan hanya dengan email, chat maupun telpon.

Untuk mendukung WFH ini juga perusahaan banyak memakai software software yang mungkin asing bagi perusahaan Non-IT seperti untuk meeting ada

Zoom, Google Hangout, Whatsapp

Untuk file sharing ada Google Drive dan Dropbox

User harus diedukasi untuk tidak meng-klik link sembarangan yang diberikan user pada chat, seperti zoom dan software semacamnya.

Dan user sebaiknya hanya menggunakan dropbox dan google drive untuk melakukan transfer file dan tidak meng-attach file tersebut pada aplikasi chat. Hal ini untuk memastikan bahwa file yg diupload aman dan benar benar dibuka oleh orang yg berhak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x