Suhendra
Suhendra

Hanya seorang warga negara Indonesia biasa pengelola blog www.pandajajan.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Tips Road Trip Jakarta - Semarang - Yogya

12 Februari 2019   09:17 Diperbarui: 12 Februari 2019   09:28 234 0 0

Liburan Tahun Baru Imlek 2019 kemarin menjadi momen paling berharga buat saya dan keluarga, kenapa?  Karena kami mencoba road trip Jakarta - Semarang - Yogyakarta - Jakarta via tol Trans Jawa yang baru diresmikan Jokowi .

Walau saya hobby nya otomotif, awalnya saya agak ragu untuk mencoba trip ini, ada beberapa hal yang membuat saya ragu, antara lain : kemampuan kendaraan dan fisik menyetir kendaraan dengan durasi yang lama. Kendaraam yang saya gunakan kendaraan tahun 2000, cukup tua untuk melakukan penjalanan ini.


Tapi akhirnya saya memberanikan diri saking exiting nya untuk mencoba tol trans jawa. Berikut adalah beberapa hal yang saya siapkan, dan bisa menjadi tips buat yang mau road trip tol trans jawa :

Tips Kelengkapan non kendaraan :

1.tentukan rute penjalanan yang paling efesien dan efektif, karena ini menentukan lama anda melakukan perjalanan.
2.jangan bawa barang terlalu banyak. sisakan ruang untuk bawa oleh-ole
3.jangan bawa snack kebanyakan. ga usah khawatir kehabisan cemilan karena banyak rest area yang sudah ada tempat jualan nya. setidaknya bawa kopi.
4.Usahakan mulai perjalanan di pagi hari maksimal jam 7 pagi sudah jalan, karen kondisi fisik lebih segar.
5.pakailan pakaian yang nyaman buat berkendara (khususnya supir)
6.buat yang bawa anak balita, letakan lah anak-anak di jok belakang. jangan di depan krn akan mengganggu yang mengendarai.
7.Bawa rolak angin ya hehe

Tips persiapan kendaraan : (ingat anda akan berkendaran sejauh 500an km sekali jalan lho)

1.Untuk persiapan kendaraan ini saya lakukan benar-benak maksimal, dan saya lakukan 3 minggu sebelum. Karena umum nya pengecekan kendaraan butuh waktu 1-2 hari.
2.Cek sistem pengereman: oli rem ganti baru, cek kampas rem, dan bersihkan piringan dan piston rem. (depan belakang)
3.cek sistem pendingin mesin (radiator) : ganti atau kuras radiator
4.Cek AC kendaraan : service, cek freon, dll  
5.cek transmisi : untuk yang matik, ganti oli matic. untk yang manual : cek kopling dan oli kopling dan garden
6.cek ban : ini penting, kalo udah agak botak mending ganti baru dan isi ban dengan angin nitrogen (lebih dingin suhu ruang roda). JANGAN LUPA CEK BAN CADANGAN
7.HARUS spooring dan balancing (termasuk finish balance)
8.tune up mesin
9.bawa dongkrak buaya yang kecil
10.bawa persediaan air di botol aqua 1 untuk tambahan radiator dan air wiper
11.oles kaca depan dengan bahan poles kaca, jika hujan akan membantu air tidak mengendap dikaca
12.Bawa charger mobil untuk GPS (Google maps)
13.e-TOLL isi 1 juta aman untuk PP
14.Jangan biarin tangki bensin habis sampe lebih dr setengah

Tips saat berkendara di tol trans jawa :

1.isi penuh tangki anda saat di rest area bekasi, krn rest area di tol trans jawa tidak semua lengkap dengan pom bensin
2.kecepatan anda rata2 akan mencapai 100-120 km/jam
3.fokus lah dengan jalanan.
4.Posisi Tangan di setir pk 10 dan pk 14
5.Kalo mobil ada cruise control, gunakan! Sangat membantu

Yang jadi tantangan dalam road trip ini adalah

1.Macet dan jalanan jelek khususnya di Tol Bekasi
2.Karena ini perjalanan yang 99% di tol, musuh nya adalah NGANTUK
3.Di tengah jalan  (khususnya tol trans jawa) kadang ada pengerjaan perbaikan jalanan. Ini yang suka bikin kita rem mendadak ketika sedang berkecepatan tinggi  Karen jalan menyempit.
4.Jangan terpancing untuk kebut-kebutan

Trip 1: Jakarta (kawasan lebak bulus) - Semarang city

Pada trip ini akan ditempuh jarah kurang lebih 450km dengan waktu kurang lebih 5 jam an. Saya jalan rumah pk 07.45 - pk 12.30 sudah masuk ke Semarang (Simpang Lima area). Dengan berhenti di 2 rest area. Ingat..!! lama perjalanan tergantung kalian berangkat jam berapa.

Trip 2: Semarang - Yogyakarta

Trip di hari ke dua dari semarang kami menuju Yogyakarta. menempuh jarak kurang lebih 130 km dengan waktu kurng lebih 2,5 jam. Tol yang langsung ke Yogya belum ada, jd kita harus keluar di Boyolali. Dari Boyolali mungkin 1,5 jam.

Road trip menurut gw lebih seru dibanding dengan liburan pakai pesawat tru sewa mobil (untuk jarak tertentu). Mau mampir kemana aja bisa dan lebih banyak tempat yang bisa dikunjungin. Jadi uat yang belum pernah road trip tol tran jawa gw saranin buruan lakukan skerang sebelum tol nya rame hehe