Mohon tunggu...
Fandy Rasyid
Fandy Rasyid Mohon Tunggu...

Jadilah Manusia yang Berguna dan Bermanfaat, Walaupun Sering Di Manfaatkan Hidup Indonesia! www.sifandy.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Ternyata Netflix Urusannya dengan Net Neutrality

14 Februari 2016   01:45 Diperbarui: 14 Februari 2016   02:22 209 3 1 Mohon Tunggu...

Awalnya sempat bingung dengan internet.org milik facebook atau sekarang dikenal dengan free internet dan muncul lagi istilah net neutrality lalu setelah membaca detail informasi mengenai net neutrality, saya baru memahami bahwa kebebasan dalam mengakses segala informasi tanpa dibatasi dan tanpa hambatan bisa disebut sebagai net neutrality.

Baca juga apa itu net neutrality

ide internet.org milik facebook memang sebuah ide yang hebat dengan maksud memberikan layanan internet gratis ke masyarakat luas, namun ada agenda yang tidak menarik dan berlawanan dengan konsep net neutrality yaitu koneksi internet gratis ini hanya untuk konten yang terdaftar di dalam free internet, diluar kontent yang terdaftar akan tetap dikenakan biaya data tentu ini menjadi pertentangan bagi sebagian orang.

Jika mengacu kepada hal tersebut tentu menjadi sangat wajar jika di india melarang free internet karena telah menyalahi aturan net neutrality "baca disini" tentu ini berbeda dengan di indonesia, pembebasan internet untuk mengakses seluruh kontent tentu akan menjadi kerugian disisi bisnis. Bisnis konektivity di indonesia tidak bisa dianggap sebagai sebuah bisnis dengan nilai kecil.

Kita tentu semakin mengerti kebutuhan internet semakin tinggi, namun layanan konektivity di indonesia apakah sudah pantas dengan harga yang ditawarkan, saya sendiri pun akan menjawab belum pantas. ada beberapa provider internet di indonesia dengan berbagai seluk beluk jenis layanannya, namun semuanya belum memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumennya.

contoh terbaru ada isu mengenai netflix yang sempat diblokir oleh salah satu penyedia ayanan internet nasional yang mungkin merasa terancam bisnisnya dengan adanya netflix ini, karena konsep dan strategi bisnis yang mirip dan harga bersaing menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi layanan internet yang menawarkan konten yang sejenis.

nah dengan isu tersebut tentu free internet, balon google (belum tau detailnya ya) mungkin akan menjadi salah satu strategi lainnya yang akan digunakan untuk meningkatkan omset bisnis dari layanan internet ini. 

 

VIDEO PILIHAN