Tekno

Komponen Vacuum Cleaner Robotic yang Jarang Dilirik Peminatnya

11 Agustus 2017   16:51 Diperbarui: 11 Agustus 2017   17:19 158 0 0
Komponen Vacuum Cleaner Robotic yang Jarang Dilirik Peminatnya
ebay.ie

Robot vacuum cleaner memiliki beberapa keunggulan yang hanya ada pada beberapa merek, memang sebenarnya mereka memiliki khas tersendiri sesuai segmentasi pasar yang dituju. Namun sebagai peminat, kita berhak memilih. Dan berikut komponen-komponen yang harus diketahui sebelum membeli.

Sensor : infrared dan laser

Ini adalah fitur utama yang terdapat dan tertanam pada vacuum cleaner robot. Dengan adanya fitur ini, robot vacuum baru bisa dikatakan pintar, sensor ini merupakan indra penglihatan dan peraba dari sebuah alat penghisap pintar. Kedua sensor ini memiliki fungsi yang sama, dan yang membuatnya berbeda hanyalah pada tingkat responsibilitasnya. Sensor infrared hanya akan melihat daerah sekitar saat ia melewatinya. Karena sensor ini hanya dapat menjangkau jarak yang rendah, makanya robot belum bisa mendeteksi interior rumah dan cara kerjanya akan secara acak. Oleh karena itu, proses pembersihkan membutuhkan waktu yang lama.

Berbeda dengan infrared, sensor laser dapat menjangkau sangat luas, bahkan seluruh ruangan, ia dapat mendeteksi dinding dan furniture, bahkan bisa sampai mapping rumah pemiliknya juga. Cara kerjanya dengan cara menyebarkan sensornya, dan saat cahaya laser menemukan penghalang ia akan memantul dan kembali diterima oleh robot. Dari proses inilah, kenapa vacuum dapat mengetahui seluruh bagian rumah beserta perabotannya.

Jenis filter : micro filters atau hepa

Filter juga termasuk salah satu yang harus dipertimbangkan saat memilih vacuum cleaner robotic.  Harus diketahui ada dua jenis filter yang biasanya diterapkan pada penghisap debu ini. Micro filter, salah satu yang paling banyak ditemukan pada vacuum cleaner, namun penghisap debu dengan penyaring seperti ini akan sangat memungkinkan kotoran yang terhisap akan dapat kembali keluar. Berbeda dengan HEPA (high efficiency particulate air), filter ini dapat menjebak partikel-partikel kecil dan membuatnya terkunci didalamnya. Untuk bisa disebut filter HEPA, penyaring harus bisa menangkap polutan yang berukuran 0,3 micrometer atau lebih. Maka sangat disarankan untuk yang memiliki alergi debu untuk bisa menyeleksi vacuum mana yang hendak dibeli.

Suction kit: standar atau mainbrush

Kedua suction kit ini sama-sama digunakan sebagai penghisap debu, yang membedakannya hanyalah pada fungsi utamanya. Suction standar hanya untuk menghisap tanpa ada komponen  tambahan ditengahnya, dan langsung mengarahkan debu dan kototan pada dustbin. Berbeda dengan mainbrush, pada bagian mulut penghisap terdapat sikat tambahan yang sangat berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat pada lantai. Apalagi saat membersihkan rambut yang beterbaran atau pada bagian karpet.

Pilah-pilahlah sebelum salah pilih!!