Tekno

Mengenal Vacuum Cleaner Robotic Lebih Jauh Lewat Sejarahnya

2 Agustus 2017   09:18 Diperbarui: 5 Agustus 2017   20:58 301 0 1
Mengenal Vacuum Cleaner Robotic Lebih Jauh Lewat Sejarahnya
Mengenal Vacuum Cleaner Robotic Lebih Jauh Lewat Sejarahnya | sumber: vacuumspy.com

Di jaman yang sudah modern saat ini, para ilmuan seolah berlomba-lomba untuk menciptakan suatu alat yang memudahkan kita dalam semua kegiatan, mulai dari pekerjaan rumah sampai pekerjaan kantor. Salah satuperkembangan teknologi yang sangat memudahkan dalam lingkup pekerjaan rumah tangga yaitu alat pembersih lantai sebagai pengganti sapu, yang kini dikenal sebagai vacuum cleaner.

Mengenal orang pertama yang melahirkan vacuum cleaner

Pada tahun 1907 James Murray Spangler dari amerika, adalah orang pertama yang memperkenalkan vacuum cleaner pada seluruh dunia. Alat penghisap debu yang menggunakan semacam pompa udara dengan memanfaatkan energi listrik, dengan desain yang berukuran kecil dan ringan. Tujuannya untuk memudahkan penggunanya saat mengoprasikan mesin ini. Tapi jauh sebelum Murray mengenlakan mesin ini, pada tahun 1969, Ives W. McGaffey bersama perusahaan pembersih di inggris juga sudah membuat mesin penghisap debu yang juga sudah menggunakan energy listrik.

Tapi sebenarnya bukan Murray atau McGaffey yang pertama menemukan teknologi ini. Pada tahun 1901, Hubert Cecil Booth memiliki klaim kuat sebagai seorang yang menciptakan vacuum cleaner bermotor. Namun sayangnya alat ini sangat besar, mungkin karena menggunakan mesin pembakaran didalamnya, dan cara kerjanyapun belum menghisap debu tapi malah meniupnya.

Sebenarnya bukan hanya nama-nama diatas saja yang harus diketahui, banyak juga para ilmuan yang turut mengembangkan teknologi vacuum cleaner / alat penghisap debu. Karena mulai dari Hubert Cecil Booth hingga James Murray Spangler, semua alatnya masih banyak yang jauh dari kata sempurna.

Mulai disempurnakan menjadi robot penghisap debu

Pada BBC's science program, Tommorow's World di tahun 1996, Electrolux salah satu produsen peralatan rumah tangga dari swedia, mulai mengenalkan Electrolux trilobite sebagai pembersih robot vacuum pertama. Dan pada tahun 2001, Dyson yang bergerak di perusahaan teknologi  mulai membangun dan mendemonstrasikan vauum robot yang dikenal dengan DC06. Dan disusul oleh perusahaan teknologi dari amerika yaitu iRobot juga meluncurkan vacuum robot Roomba. Dan sejak saat itu, pasar teknologi mulai mengikuti jejak kedua perusahaan teknologi tersebut.

Seolah tidak mau kalah saing dengan pasar, pada tahun yang sama, di swedia lahirlah vacuum yang dapat sekaligus mengepel lantai dalam satu alat. Dan hingga saat ini, perusahaan peralatan rumah tangga, semakin bersaing menyempurnakan prodak mereka dengan fitur-fitur yang semakin canggih.