Mohon tunggu...
Sidiq Nugraha
Sidiq Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

UI Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Media Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatakan Semangat Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh

29 Juli 2021   23:18 Diperbarui: 29 Juli 2021   23:57 69 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID-19 di Indonesia berdampak kepada seluruh sektor, salah satu sektor yang bisa terbilang memiliki dampak sangat besar adalah sektor pendidikan. Pendidikan di masa pandemi COVID-19 ini memaksa seluruh elemen yang ada di dalamnya beradaptasi ulang dengan pendekatan baru. Pembelajaran jarak jauh atau yang biasa kita sebut PJJ, pendekatan yang harus dilakukan segera mungkin ketika pandemi saat itu mulai terjadi di Indonesia.  

Perubahan yang dirasakan dalam pelaksanaan PJJ menimbulkan beberapa hambatan, guru yang belum terbiasa dengan adanya PJJ akan menggunakan media pembelajaran yang sama ketikan pembelajaran dilakukan secara luring. Sedangkan siswa akan merasa terhambat karena materi yang dipelajari tidak dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang kreatif dan efektif dalam penyampaian sebuah materi.

Berikut media pembelajaran kreatif yang dapat dibuat oleh guru :

1. Video Animasi


Media pembelajaran video animasi sudah banyak diterapkan oleh para guru guna meningkatkan minat belajar pada siswa dan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran melalui cara yang menyenangkan.

2. Video Motion Graphic

Media pembelajaran video motion graphic masih sangat jarang digunakan oleh para guru, seperti yang kita ketahui bahwa video motion graphic memiliki daya tarik yang cukup tinggi dalam menyampaikan sebuah informasi, hal tersebut dapat kita buktikan dengan banyaknya video edukasi di Youtube yang menggunakan motion graphic dalam menyampaikan pengetahuan umum. Bagaimana jika Motion Graphic diterapkan dalam video pembelajaran saat PJJ? Mungkin akan sangat efektif dan menarik minat belajar siswa.

3. Modul Interaktif

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x