Mohon tunggu...
Sidik Dwip
Sidik Dwip Mohon Tunggu... Penulis - Bekas tangan bertinta pikiran

sebab waktu harus mengisahkan sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Monitor Selalu Media Sosialmu, Kenapa?

19 Juli 2018   21:28 Diperbarui: 19 Juli 2018   21:34 456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sosial media nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita, hampir semua aktifitas kesibukan kita tidak lepas dari yang namanya sosial media mulai dari bangun tidur sampai tertidur kembali mulai dari pelajar sampai pejabat tinggi. Dengan adanya sosial media secara tidak langsung sangat membantu aktiftas kita dari segala aspek. Contohnya, saya sebagai mahasiswa komunikasi tentunya dituntut dengan kebuthan informasi yang cepat tepat.

Menurut sejararah Sejarah sosial media tersebut sudah dimulai sejak tahun 1997 dengan kehadiran sixdegree.com dan classmate.com. Lalu pada tahun 2002 mengalami kemajuan dengan munculnya Friendster yang mendominasi pada saat itu di Internet. 

Setelah itu, pada tahun-tahun selanjutnya Social Media lainnya semakin bermunculan. Semakin berjalannya waktu, kehadirannya semakin pesat dan semakin beragam jenisnya. Ditambah, kesadaran masyarakat dunia mengenai internet dan Social Media membuat hampir semua pengguna internet memilki setiap akun sebagai media berkomunikasi di internet.

Kini, Social Media bukan hanya sebagai media komunikasi sosial di internet, melainkan sudah menjadi sebuah gaya hidup. Semakin banyak orang-orang membicarakan sesuatu topik, maka semakin besar tingkat opini mereka terhadap topik tersebut, bahkan memungkinkan untuk menjadi viral dan akhirnya menjadi topik hangat di dunia per-internetan.

Efek besarnya adalah topik tersebut akan berdampak terhadap kehidupan sosial di dunia nyata dan akan berdampak besar terhadap  tokoh, organisasi ataupun merek dari isu hangat tersebut. 

Dengan fitur hashtag pengguna dapat melihat apa yang menjadi trending topik serta isu yang sedang panas dan bahkan beberapa kelompok mennggunkan fitur hashtag ini untuk kepentingan tertetu. seorang penguasaha online shop mereka akan terus melihat trend terbaru dari para pengguna di sosial media dengan tujuan untuk dapat terus berinovasi dan dapat bersaing dengan pasar yang lain. Tidak hanya itu, sorang pembuat berita juga bisa membuat itu sebagai bahan informasi dengan melihat fenomena -- fenomena yang menjadi trending. Melihat dari fenomena tersebut ada istilah social media monitoring apa itu social media monitoring?

Social Media Monitoring adalah sebuah metode analisa untuk melihat berbagai macam respon atau opini pengguna terhadap tokoh, organisasi dan merek, dengan menarik data yang didapat dari semua jenis Social Media. 

Selanjutnya, data tersebut akan diolah hingga menjadi data yang akurat sehingga dapat dijadikan landasan untuk menentukan tindakan yang tepat terhadap isu atau opini yang ada. Di tahun 2018 dan 2019 nanti Indonesia memiliki hajatan akbar yaitu pilkada dan pilpres. Hampir semua pemberitaan membahas tentang berita politik dan tak jarang aktor aktor politik ini kerap muncul di sosial, eksistentsi dan populatias mungkin yang mereka cari dengan mengincar generasi -- generasi melenial para aktor ini bisa merebut simpati demi mendulang suara. 

Hampir kabanyakan aktor politik memiliki sosial media pribadi tidak hanya sekedar eksistentsi mungkin saja para aktor ini juga ingin melihat lawan politiknya. Dengan sosial media monitoring seorang aktor politik dapat membuat strategi politik. Kasus yang baru baru ini masih hangat diperbincangkan yaitu adanya hashtag 2019 ganti presiden dan bahkan ada beberapa kelompok sampai membuat kaos yang bertuliskan itu tidak hanya membuat kaos saja kelompok tersebut sampai membuat aksi untuk mendeklarasikan 2019 ganti presiden.

Kalau kita bisa cermati dari kasus diatas adalah dampak dari kekuatan media sosial itu sangat besar dan bisa jadi kasus diatas adalah agenda seting dengan tujuan tertentu serta kepentingan tertentu. social media monitoring sangat berguna bagi para pelaku bisnis, tokoh politik , organisasi untuk memonitor aktivitas pengguna di seluruh dunia terhadap sentimen, opini dan respon. Dengan begitu, hasil dari analisa tersebut bisa dijadikan patokan untuk menentukan langkah kedepan secara tepat .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun