Yai Baelah
Yai Baelah Pengacara

Sang Pendosa berkata; "Saat terbaik dalam hidup ini bukanlah ketika kita berhasil hidup dengan baik, tapi saat terbaik adalah ketika kita berhasil mati dengan baik"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kisah Rambut dan Janggut

4 Maret 2019   08:16 Diperbarui: 4 Maret 2019   08:28 52 4 3
Kisah Rambut dan Janggut
Image by Yai

"Rambut dan Janggut"

Ini kisah tentang rambut dan janggut (jenggot). Banyak orang 'alim menganggap baik berjanggut panjang, saya sepakat itu, begitulah sunnahnya. Tapi di sisi lain ada 'penistaan' terhadap rambut panjang.

Entah mengapa, penilaian buruk berlaku seperti itu. Padahal yang memenuhi penjara adalah mereka yang berambut pendek, para koruptor dan juga bandar narkoba, pula pelaku kejahatan lain hampir semuanya berambut pendek. Termasuk juga George Bush, Benjamin Netanyahu,  sang penjahat kemanusiaan. Dan.... masih banyak lagi yang lain, mereka yang berambut pendek rapi mengkilat yang berlumuan darah...

Dan tahukah anda, kalau Muhammad Rasulullah tidak hanya berjanggut panjang tapi juga berambut panjang hingga sebahu ? Bukan hanya nabi Isa yang digambarkan sebagai Yesus berambut panjang, bahkan beberapa nabi lain juga digambarkan seperti itu, berambut panjang.

Lantas darimana awal mulanya timbul doktrin  rambut pendek yang dianggap lebih "suci"???

Lalu bersamaan pula si rambut panjang adalah bengal sekelas begal?

Bisakah kalian menjelaskannya?

#yaibaelah