Mohon tunggu...
Ida Bagus Indra Dewangkara
Ida Bagus Indra Dewangkara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hi guys... πŸ‘‰πŸ‘ˆ

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Niatan Liburan, eh Malah Jadi Kontingen Dies

27 Januari 2023   13:16 Diperbarui: 15 Februari 2023   03:39 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai, artikel ini sebenarnya tidak penting-penting banget untuk dibaca, tapi izinkan saya untuk menceritakan pengalaman pribadi saya ke dalam sebuah tulisan.

Saya merupakan mahasiswa aktif. Ya, aktif tidak hanya sekedar berstatus aktif. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sudah satu per satu saya coba.

Organisasi mahasiswa, lomba/kompetisi, pengabdian, menulis ilmiah, Merdeka Belajar, setidaknya semua itu sudah pernah saya cicipi selama saya menduduki bangku perkuliahan ini.

Kini saya adalah mahasiswa yang menatap semester 6 dalam beberapa minggu kedepan. Ya, di libur semester ini sebenarnya saya memiliki niatan untuk libur sejenak sembari membaca panduan dan ilmu-ilmu yang dapat menunjang saya dalam melaksanakan magang di semester 6.

Yap, meliburkan diri sejenak di waktu yang tepat adalah pilihan yang sangat tepat untuk diri saya sendiri. Namun, di pertengahan waktu ternyata saya baru ingat bahwa Januari adalah bulan di mana kampus saya melaksanakan Dies Natalisnya.

Sebenarnya, saya sama sekali tidak peduli dengan hal tersebut. Bahkan, saat pembukaan berlangsung saya memilih untuk pergi ke tempat wisata dengan seseorang untuk menghibur diri saya sendiri, yang tentunya saya ingin menghibur diri sendiri tanpa paksaan orang lain.

Namun, kurang lebih satu minggu berlangsung, saya mendapatkan informasi bahwa PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang pernah saya ajukan pada sistem kampus ternyata diseleksi dan jika lolos 10 besar akan dijadikan lomba.Β 

Ya, lomba tersebut masuk ke dalam serangkaian Dies Natalis sebagai lomba PKM antar fakultas. Sebenarnya, saya kembali tidak peduli dengan informasi tersebut. Karena ya... keinginan saya hanya satu, yakni liburan.

Sebelumnya, PKM yang saya kumpulkan di sistem saya niatkan untuk direview oleh reviewer internal untuk dikembangkan dan dilanjutkan ke proses submitΒ PIMNAS 2023. Hanya itu, tidak ada niatan sama sekali untuk mengikuti Dies dan sebagainya.

Tepat di tanggal 18 Januari 2023, pengumuman finalis (10 besar) lomba PKM di masing-masing jenispun diumumkan. Saya sebenarnya sedikit penasaran, tetapi tidak menanyakan kepada officialΒ Fakultas saya.

Siapa sangka, ternyata saya lolos ke 10 besar di PKM-KC (Karsa Cipta). Padahal, seingat saya paperΒ yang saya kumpulkan sama sekali tidak serius dalam pembuatannya. Walaupun, proses dan hasil yang saya buat saat itu sangat serius. Karen adanya kewajiban program studi independen yang harus saya selesaikan, paperΒ PKMpun tidak sempat saya urus dengan serius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun