Mohon tunggu...
S Eleftheria
S Eleftheria Mohon Tunggu... Lainnya - Penikmat Literasi

Membaca adalah hobbynya dan menulis adalah passionnya. Penyuka hitam dan putih ini gemar membaca tulisan apa pun yang perlu dibaca dan menulis tema apa pun yang dianggapnya menarik untuk ditulis. Ungkapan favoritnya, yaitu "Et ipsa scientia potestas est" atau "Pengetahuan itu sendiri adalah kekuatan", yang dipaparkan oleh Francis Bacon (1561-1626), salah seorang filsuf Jerman di abad pertengahan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Susah Tidur yang Menyebalkan, Bagaimana Mengatasinya?

6 Desember 2022   13:37 Diperbarui: 8 Desember 2022   00:32 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sulit tidur di malam hari dan cara mengatasinya. Sumber: Pexels/cottonbro via Kompas.com

Apakah kamu sering mengalami susah tidur setiap malam? Keadaan tersebut memang sungguh menyebalkan. Susah tidur hanya membuat kita membolak-balikan tubuh di atas tempat tidur tanpa bisa terpejam.  

Susah tidur atau sulit tertidur tentu saja menyebabkan kita kekurangan waktu istirahat yang bisa mengganggu aktivitas keseharian, bahkan bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Perlu diketahui, kita menghabiskan sepertiga dari aktivitas hidup untuk beristirahat, termasuk tidur, karena kita membutuhkan waktu tersebut untuk memperbaiki dan memulihkan fungsi kognitif dan energi fisik, mempertahankan sistem kekebalan dan saraf, serta membantu mengatur hormon dan berat badan kita.

Akan tetapi, masalah tidur kerap kali dialami banyak orang, setidaknya di dunia, bahkan setiap tahun banyak yang sampai mengalami gangguan tidur kronis.

Nah, jika termasuk di antaranya, kita bisa mengikuti beberapa tips, teknik, dan perubahan gaya hidup berikut yang disarankan untuk bisa mengatasi susah tidur---agar dapat tertidur---secepat mungkin. Apa sajakah tipsnya?

Jadwalkan Waktu Tidur 

Banyak orang menemukan bahwa mengatur jadwal tidur membantu mereka tertidur lebih cepat dan lebih mudah. Hal ini dipengaruhi oleh tubuh kita yang memiliki sistem pengaturannya sendiri yang disebut siklus sirkadian, yaitu proses internal alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang berulang setiap 24 jam. Jam internal inilah yang kemudian memberi isyarat terhadap tubuh kita agar terjaga di siang hari, tetapi mengantuk di malam hari.

Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, dapat membantu jam internal menjaga tetap jadwal kita. Setelah tubuh kita menyesuaikan dengan jadwal ini, maka kita akan lebih mudah untuk tertidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Penting juga untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Ini telah terbukti menjadi durasi tidur yang optimal untuk orang dewasa.

Saran baiknya, berikan waktu sekitar tiga puluh menit hingga satu jam ke diri kita untuk bersantai sebelum tidur. Hal ini memungkinkan pikiran dan tubuh kita menjadi lebih santai dan bersiap untuk tidur.

Ilustrasi seseorang yang mengalami gangguan susah tidur| by pixabay
Ilustrasi seseorang yang mengalami gangguan susah tidur| by pixabay

Atur Cahaya dan Kegelapan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun