Mohon tunggu...
SH Tobing
SH Tobing Mohon Tunggu... Konsultan - Berbagi Untuk Semua | shtobing@gmail.com | www.youtube.com/@belajarkoor

Ingin berbagi pengalaman dan pemikiran serta terus membaca untuk memperkaya wawasan. Kompasiana menjadi tempat yang ideal untuk berbagi pengalaman dan ide selama saya diberi kesempatan berkarya di dunia | Have a nice day! | https://www.youtube.com/@belajarkoor

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Banyak Lowongan Kerja di Masa Pandemi Ini

7 Agustus 2020   10:42 Diperbarui: 8 Agustus 2020   04:28 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat Ini Sulit Bekerja Sambil Bercengkrama

Beberapa kenalan saya menanyakan apakah ada lowongan kerja di kantor saya? Namun setelah saya sampaikan bahwa saya sudah pensiun di perusahaan tempat saya bekerja selama ini, mereka terdiam.

Self Employee

Ada yang melanjutkan pertanyaan "lalu sekarang kerjanya apa?". Ketika saya jawab saya "Self Employee", Bekerja Sendiri, menjadi konsultan pengelolaan risiko, trainer dan penulis di bidang yang saya kuasai selama ini, mereka jadi surut bertanya lebih lanjut.

Teman yang selama ini mengenal saya dengan baik, tanpa ragu-ragu mengatakan "Ow saya pikir kerja kantoran, siapa tahu ada lowongan".

Saya sampaikan kepada mereka, bahwa sebagai konsultan saya juga menjalankan peran sebagai agen asuransi. Karena hasil dari diskusi dengan orang yang membutuhkan jasa konsultasi saya, adalah proteksi aset keuangan dan fisik, dan pihak yang menyediakan proteksi tersebut adalah perusahaan asuransi. Jadi sekali mendayung dua-tiga pulau terlalui.

Lowongan Agen Asuransi

Jadi kalau mereka, atau sanak saudara mereka mau jadi agen asuransi, saya tawarkan mari bersama-sama saya. Belajar bersama menjadi agen yang baik, dan saya akan dukung, paling tidak dalam moral dan semangat, untuk deal bisnis dan ujungnya adalah komisi.

Kalau ada yang tertarik silahkan hubungi saya melalui email.

Rekan saya tidak tertarik kepada penawaran saya, sebagai agen asuransi. Terutama ketika mendengar sistemnya bukan gaji, tapi komisi. Ternyata yang mereka harapkan adalah mendapat gaji setiap bulan.

Sayangnya kondisi di tengah pandemi covid19, sangat sulit mencari pekerjaan yang langsung memberikan gaji. Hal ini disebabkan sebagian besar sektor usaha mengalami penurunan penjualan.

Tahun 2021 Masa Recovery, Baru 2022 Pulih (Baca)

Sebagian perusahaan sudah mengatakan mereka akan merugi di tahun ini, tidak sedikit yang mulai melakukan pengurangan tenaga kerja hingga menyatakan bangkrut. Bahkan secara nasional negara kita diprediksi akan mengalami pertumbuhan negatif.

Kondisi itu menurut pengamatan saya, dan sebagaimana yang juga dikonfirmasi oleh berbagai analis ekonomi, baru akan pulih paling cepat di tahun 2022. Karena seandainya covid19 benar-benar dapat diatasi di tahun 2020, maka tahun 2021 baru merupakan masa recovery.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun