Mohon tunggu...
Salsabila Hanifah
Salsabila Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang memiliki minat untuk belajar bahasa asing khususnya bahasa Jepang. Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan desain dan ilustrasi juga menyukai hal-hal yang baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Brand Image UMKM, Mahasiswa KKN Undip Memberikan Bantuan Desain Logo kepada UMKM di Bukit Senja

4 Desember 2022   21:45 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:32 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang, (20/11/2022) -- Semenjak adanya pandemi COVID-19 ini, perekonomian masyarakat Indonesia semakin menurun. Hal ini berdampak kepada para pelaku UMKM di BUKIT SENJA yang sasarannya masih sebatas penduduk lokal saja dimana penjualan para pelaku UMKM semakin menurun. Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan pemasaran yang dilakukannya. Pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan brand image atau citra merek suatu UMKM.

Citra Merek (brand image) adalah persepsi merek yang dihubungkan dengan asosiasi merek yang melekat dalam ingatan konsumen. Beberapa alat pemasaran yang dapat digunakan untuk menciptakan brand image adalah kemasan dan logo. Dengan memiliki brand image yang kuat, UMKM dapat menarik perhatian konsumen.

dokpri
dokpri

Beberapa UMKM di BUKIT SENJA saat ini masih belum maksimal dalam membuat logo dan kemasan dikarenakan beberapa hal seperti tidak paham menggunakan aplikasi desain, akses yang terbatas dikarenakan beberapa aplikasi harus bayar, tidak memiliki perangkat yang mendukung, dan lainnya. 

Oleh karena itu, tujuan dari program ini adalah membantu UMKM merancang logo dan kemasan untuk memudahkan UMKM dalam meningkatkan citra merek UMKM sehingga dapat lebih menarik konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan.Program ini dilaksanakan dari tanggal 20 November 2022 dimana mahasiswa mengirimkan desain logo dan kemasan dalam bentuk soft file dan hard file kepada pelaku UMKM BUKIT SENJA di RW 08 Bukit Dipo. Dengan adanya desain logo dan kemasan yang menarik, para pelaku UMKM dapat meningkatkan brand image UMKMnya dan dapat menarik perhatian masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan ke depannya.

Penulis : Trimaryanto Sugiantoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Darwanto

Lokasi KKN : BUKIT SENJA di RW 08 Bukit Dipo

#kkntematik #undip #p2kkn #lppmundip #kknundip2022 #bukitsenja

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun