Gayahidup

Arisan Umum Versus Arisan "Online"

7 Desember 2017   10:54 Diperbarui: 7 Desember 2017   14:58 260 0 0

Arisan merupakan transaksi keuangan yang menguntungkan, terlebih karena arisan sendiri merupakan budaya asli masyarakat Indonesia. Cara arisan sendiri adalah dengan sekelompok orang yang mengumpulkan uang tiap-tiap periode tertentu, kemudian akan dilakukan pengundian berupa pengocokan nama dengan cara manual. Nama yang akan keluar dalam kocokan itulah yang nantinya akan mendapatkan gabungan uang tersebut. 

Pada periode selanjutnya, perkumpulan tersebut akan mengumpulkan uang kembali dan mengocok siapa orang yang akan mendapatkannya. Bagi yang sudah mendapatkan arisan tetap harus membayarkan iuran hingga arisan selesai dan seluruh anggota mendapatkan gabungan uang arisan yang dikumpulkan tersebut.

Arisan tidak hanya berbentuk uang, tetapi juga barang yang bervariasi. Bedanya jika arisan uang, anggota arisan mendapatkan gabungan uang yang dikumpulkan tersebut, sedangkan arisan barang mendapatkan barang seharga uang yang dikumpulkan tersebut.

Dari proses diatas bisa disimpulkan beberapa keuntungan arisan yakni :

  1. Ajang perkumpulan dan menjalin silaturahmi, kebersamaan, dan kepercayaan.
  2. Ajang menabung bagi anggota yang belum mendapatkan arisan.
  3. Mendapatkan pinjaman diawal bagi anggota yang sudah mendapatkan arisan di awal-awal periode.
  4. Tidak ada bunga dalam membayar iuran arisan.
  5. Ajang membeli barang secara kredit atau cicilan dalam arisan barang.

Berbeda lagi dengan arisan online dimana arisan tidak diadakan dengan melakukan pertemuan. Arisan online lebih praktis dalam menyetorkan iuran periode arisan karena pembayaran biasanya dilakukan melalui transfer.

Salah satu contohnya adalah lumada.co.id yang menetapkan program arisan dalam pembelian barangnya. Lumada.co.id sendiri merupakan suatu marketplace dengan sistem pembayaran yang unik dimana pembeli dapat mengikuti program arisan untuk barang yang diinginkan. Tetapi keuntungannya lebih banyak dibandingkan arisan tradisional pada umumnya. Beberapa keuntungan tambahan lainnya adalah :

  1. Anggota yang dapat arisan bisa langsung membawa pulang barang yang diinginkan tanpa harus membayarkan iuran periode selanjutnya lagi. Jadi jika nama anggota tersebut keluar pada saat pengocokan pertama, dia hanya perlu membayar iuran arisan periode pertama dan langsung mendapatkan barang yang diinginkan. Hal ini berlaku untuk anggota yang namanya keluar pada pengocokan berikutnya.
  2. Sedangkan anggota yang namanya keluar terakhir akan langsung mendapatkan barang arisan sekaligus cashback. Jadi tidak rugi juga.
  3. Tidak perlu repot-repot datang jauh-jauh untuk mengikuti acara arisan karena pembayaran arisan ini dilakukan secara online atau melalui transfer.

Arisan memang menguntungkan, cara pintar dalam mengatur keuangan. Terutama arisan online di lumada.co.id karena keuntungan yang didapatkan lebih banyak dibandingkan arisan tradisional pada umumnya.