Mohon tunggu...
shopia loren saragih
shopia loren saragih Mohon Tunggu... Mahasiswa - SHOPIA LOREN SARAGIH (201011250189) MAHASISWA UNPAM

MAHASISWA UNPAM

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Otodidak

25 Desember 2021   17:21 Diperbarui: 26 Desember 2021   06:58 292 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Pada zaman yang sudah semakin maju ini, salah satu hal yang paling dibutuhkan itu adalah bahasa Inggris.

Nah kalian pasti berpikir dan bertanya-tanya bukan, Kenapa bahasa Inggris itu sangat penting? Bahasa Inggris itu sangat penting karena saat ini bahasa internasional kita adalah bahasa Inggris. Nah jika di Indonesia bahasa pemersatu kita adalah bahasa Indonesiamaka bahasa pemersatu secara internasional adalah bahasa Inggris.

Kebanyakan kalangan  kini menggunakan bahasa Inggris  sebagai alat komunikasinya. Baik itu di dunia bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Baik dari anak sekolah, mahasiswa, pelaku bisnis, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Sehingga kini banyak sekali orang-orang yang rela mengambil kelas kursus bahasa Inggris meski dengan harga yang cukup menguras kantong, hal tersebut disebabkan karena begitu penting nya bahasa Inggris.

Kalian pasti berpikir begitu sulit belajar bahasa Inggris itu bukan, padahal sebenarnya tidak seperti i
Ada cara cepat dan gampang mempelajari bahasa Inggris dan kalian  tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, seperti halnya kursus tersebut. Bagaimanakah caranya?

Salah satu caranya adalah dengan kalian belajar secara otodidak atau belajar sendiri ( self taught ). Biasanya kita melakukan belajar sendiri atau otodidak (self taught) itu disebabkan beberapa hal, yaitu misalnya kita tidak mampu atau merasa rugi jika harus mengeluarkan uang bulanan hanya untuk kursus atau mungkin tidak tersedia nya waktu luang untuk melakukan kursus bahasa Inggris nah maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan belajar secara otodidak.

Contoh cara cepat  belajar bahasa Inggris secara otodidak  adalah sebagai berikut:

1.Menonton film dengan Subtitle Bahasa Inggris
Nah pada bagian ini, kalian bisa memanfaatkan hobby menonton kalian ya teman-teman. Kalian bisa menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, dan jika kalian menemukan kosa kata yang belum kalian pahami maka kalian bisa mencatatnya di buku kecil lalu mencari tahunya nanti saat film yang kalian tonton sudah selesai. Lalu kalian bisa menghafalnya nanti.

2.Mendengarkan lagu berbahasa Inggris
Pertama-tama mungkin kalian bisa mendengarkan dengan lirik terjemahan dulu. supaya kosa kata kalian bisa tambah, namun saat sudah terbiasa kalian bisa mendengarkan tanpa melihat lirik, jadi bisa melatih listening kalian juga.

3.Membuat Note Kecil
Cara ketiga adalah kalian bisa membuat note kecil di peralatan yang kalian gunakan sehari-hari. Misal di meja kalian bisa tempel note bertuliskan 'table'. Kalian bisa menempelkan note tersebut setiap peralatan yang sering kalian jumpai di kehedupan sehari-hari kalian.

4.Memperluas Jaringan dengan Orang dari Berbagai Benua
Nah pada metode yang ke empat ini kalian bisa menjalin pertemanan dengan orang asing, dengan berkirim pesan dengan orang asing bisa menambah pengetahuan kita juga mengenai bahasa Inggris, tidak masalah juga jika kalian mengatakan kalau kalian sedang belajar bahasa Inggris.Tapi tetap hati-hati ya teman-teman, jangan sampai malah terjerumus ke hal negatif.

5.Praktek Berbicara di depan Cermin
Nah pada metode ini kalian bisa mempraktekkan berbicara dalam bahasa Inggris di depan cermin. Nah ini biasanya melatih kepercayaan diri kita dalam berbicara bahasa Inggris. Sehingga nanti ketika kita bertemu dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris, kita bisa menyamainya atau dengan kata lain tidak malu-malu in ya teman-teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan