Mohon tunggu...
Shollu Muhammad
Shollu Muhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - ...

Turki

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Solusi Untuk Anak yang Memiliki Perilaku Agresi

6 Desember 2022   14:57 Diperbarui: 6 Desember 2022   15:13 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perilaku agresi pada anak sangat biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Seagal (2010) perilaku agresi merupakan hasil ekspresi dari emosi negatif yang terjadi karena keadaan frustasi pada diri seseorang. Ada beberapa sebab terjadinya perilaku agresif pada anak, yaitu : 

(1) Kurangnya komunikasi antara orangtua dengan anak

(2) Bias makna kekerasan 

(3) Menjadi korban kekerasan

(4) Mencontoh kekerasan lewat media

(5) Konten seksualitas

Di dalam lingkungan sosial,sikap toleransi,saling menghargai,sikap solidaritas harus diterapkan agar keadaan lingkungan itu menjadi aman,nyaman,dan damai. Khususnya harus ditanamkan dan diajarkan kepada anak usia dini yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jika beberapa sikap tadi tidak diterapkan dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat,maka akan terjadi beberapa masalah yang tidak sesuai dengan standar kebaikan. 

Perilaku anak bahwa perilaku agresif merupakan reaksi normal yang terjadi pada anak kecil. Hal ini terjadi sebagai bentuk kesiagaan anak untuk melindungi dirinya dari beberapa ancaman yang ada agar ia merasa nyaman. Perilaku agresi ini meliputi 2 hal, verbal dan fisik dengan tujuan menyakiti orang lain. Dengan perilaku inilah kebanyakan anak tidak disukai dan dijauhi oleh teman temannya. Terjadinya perilaku ini disebabkan karena anak-anak yang dikucilkan dan menarik diri dari pergaulan karena mereka mendapatkan perlakuan yang dianggap menghina, dan ketidak adilan. Namun, perilaku agresif ini menjadi satu-satunya cara yang mereka tahu untuk memecahkan masalah. 

Nah, dari penjelasan di atas kita bisa melihat bahwa perilaku agresi ini berdampak buruk baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Ciri-ciri dari perilaku Agresi, antara lain: 

1. Anak cenderung menyampaikan keluhannya dengan meledak-ledak. 

2. Menyerang orang lain yang tidak sependapat dengan dirinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun