Mohon tunggu...
Sholihatul Mardliyah
Sholihatul Mardliyah Mohon Tunggu... Lainnya - Kesuksesan bisa datang darimana saja

Ujian didepan mata bukan untuk dihindari hadapi dan lakukan perubahan kearah yang lebih baik lagi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jadikan Air Wudlu untuk Prokes Pembenteng Diri Waspada Omicron!

4 Desember 2021   10:39 Diperbarui: 4 Desember 2021   10:43 47 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Omicron merupakan varian dari spesimen virus corona, WHO mengutarakan bahwa omicron ditemukan sejak tanggal 24 November 2021 di Negara Afrika Selatan. Gejala awal dari virus omicron sendiri belum diketahui secara jelas dan pasti, seperti gejala terserang virus pada umumnya.

1. Batuk

2. Sesak nafas

3. Mual atau muntah

4. Hidung tersumbat

5. Diare

Gejala awal yang ditunjukkan tidak bisa ditentukan secara spesifik, hal ini yang mengharuskan para warga masyarakat agar selalu mawas diri terkait dengan tersebarnya virus omicron ini.

Dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan memakai handsanitizer setelah bertemu dan berinteraksi dengan siapapun. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga kebersihan diri itu sangat penting. Dimulai dari hal kecil yang tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Air wudlu, menurut ulama' ahli fikih mengungkapkan bahwa wudhu merupakan saniter alami, dengan setiap gerakan nya untuk membersihkan tubuh yang rentan tersentuh oleh benda benda kotor. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh profesor leopold air wudlu merupakan kegiatan membersihkan jiwa dan merefleksikan rohani, hal ini diungkapkan karena dalam setiap basuhan air wudlu sel saraf akan berinteraksi akibat ramgsangan yang diberikan pada saat membasuhkn air wudlu ke bagian tubuh.

:

Nabi SAW. bersabda, "Wudhu adalah bagian dari iman." Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Abi Syaibah dari shahabat Hassan bin 'Athiyyah. Imam Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits menjelaskan bahwa terdapat riwayat lain menggunakan redaksi  "At-Thuhuru syathrul iman" kesucian adalah bagian dari iman. Wudhu dan bersuci adalah bagian dari iman adalah disebabkan karena iman itu dapat menyucikan najis di dalam batin (hatinya manusia), sedangkan wudhu itu dapat menyucikan najis bagian dhahir/luar.

Selain bermanfaat bagi kesehatan wudlu juga banyak sekali keutamaanya dalam sisi keagamaan. Yuk jadikan wudlu sebagai pelengkap penampilanmu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan