Mohon tunggu...
Shohibul Jannah
Shohibul Jannah Mohon Tunggu... Hidup lebih baik

Optimis

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Realisme dan Tokoh-tokohnya

11 April 2020   07:58 Diperbarui: 14 April 2020   14:09 70 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum wr wb

Bismillahirrahmanirrahim

Semoga Allah selalu menjaga kita.

Dalam pertemuan kali ini saya akan sedikit membagi kan ilmu tentang filsafat pendidikan realisme dan tokoh-tokoh nya.
Apa filsafat pendidikan Realisme itu?

Filsafat Pendidikan Realisme merupakan sebuah aliran filsafat yang berpandangan Realitas yang sebenarnya itu terpisah atau independen dari pikiran manusia. Yang paling di pentingkan dalam realisme itu bukan lah pikiran manusia saja seperti idealisme, justru pemikiran terhadap lingkungan fisik melalui pikiran di luar Indra Manusia. Karena pikiran manusia sebenarnya adalah kosong. Sehingga realitas utama adalah dunia objek fisik emperic. Bukan objek Duni yang abstrak seperti aliran idealisme. 

Realisme juga mempunyai arti bahwa pandangan objek-objek Indra adalah nyata berada sendiri tanpa bersandar kepada pengetahuan lain atau kesadaran akal. Jadi Aliran realisme ini melatih kemampuan siswa melalui pengalaman langsung  terhadap lingkungan fisik melalui pengalaman Indra. Aliran ini mempunyai tujuan bahwa pendidikan di persiapkan untuk mengatasi situasi terkini dengan membekali kemampuan, keterampilan memecahkan masalah terkini.

Dalam hubungannya dengan pendidikan, pendidikan harus universal . metode, isi, dan proses pendidikan harus seragam. Namun yang paling penting bagi pendidik adalah bagaimana memilih bahan pengajaran yang benar, bukan memberikan kepuasan terhadap minat dan kebutuhan pada peserta Didik. Memberi kepuasan terhadap minat dan kebutuhan siswa hanyalah merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan atau merupakan strategi mengajar yang bermanfaat.

Berikut ini merupakan Beberapa pemikiran tokoh Filsafat Pendidikan Realisme :

A. Aristoteles
Ia lahir di stageira Yunani Utara pada tahun 384 SM . Ia mengatakan bahwa realisme di dasarkan pada prinsip bahwa ide-ide ( atau bentuk) bisa ada tanpa masalah, tapi tidak peduli bisa eksis tanpa bentuk, setiap bagian materi memiliki sifat universal dan khusus.

B. Francis Bacon 
Lahir pada tanggal 22 Januari 1561 di York house Strand .ia adalah seorang filsuf, negarawa,  dan penulis Inggris. Ia di kenal sebagai pencetus pemikiran empirisme yang mendasari sain hingga saat ini. menyatakan bahwa segala wewenang yang ada dalam hal-hal intelektual dan sakular harus di tolak semuanya harus di gantikan dengan penelitian induktif.

C. Johan Amos comenius (1592-1670)
Dia adalah seorang ilmuwan, guru, pendidik penulis Ceko. Ia berpandangan bahwa manusia itu diciptakan oleh Tuhan dan untuk Tuhan. Manusia di ciptakan dan di tempat kan di atas semua makhluk karena kemampuan nya berfikir. Peserta Didik harus di persiapkan kepada dan untuk Tuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x